5 Kuliner Karanganyar Wajib Coba Saat Mudik

BAGIKAN DI: Facebooktwitterpinterestlinkedintumblr

*Kontributor: Adam Naufal Dzaky

“Lebaran sebentar lagi..” ya, lagu tersebut mulai terdengar dimana-mana. Berbagai atribut lebaran pun mulai terlihat di pertokoan maupun jalan raya. Rest Area mulai didirikan di jalanan non-tol. Suasana ini mungkin hanya bisa dirasakan di Indonesia dengan budaya mudik-nya. Berkumpul dengan keluarga dan orang terdekat menjadi momen yang sangat spesial dan sulit tergantikan dengan yang lain. Tentu selain bernostalgia dengan keluarga maupun kawan lama, bernostalgia dengan kuliner daerah tak boleh terlewatkan. Karanganyar, walaupun termasuk kota yang relatif kecil, namun pasti selalu dipenuhi kendaraan plat daerah lain saat libur hari raya Lebaran. Sekarang bahkan banyak wisata outbond Karanganyar.

Bisa dibilang, Karanganyar adalah kota kecil yang saat ngangeni bagi banyak warganya yang merantau di berbagai daerah lain. Sebagai tetangga dari Kota Solo –bahkan sering disebut Karanganyar Solo untuk menegaskan kota yang dimaksud– yang memang terkenal dengan kulinernya, Karanganyar juga mempunyai beberapa tempat kuliner legendaris yang tidak kalah ngangeni. Di mana saja tempat-tempat tersebut?

  1. HIK/Angkringan Mbah Loso
(Sumbergambar: Youtube – Elieva Yasmine Channel)

Hidangan Istimewa Kampung atau lebih akrab disebut angkringan atau wedangan, memang menjadi kuliner khas di kota-kota daerah Joglosemar maupun sekitarnya. Angkringan Mbah Loso sudah berdiri setidaknya hampir sekitar 50 tahun. Mbah Loso adalah salah satu peracik teh terbaik seantero Solo Raya. Tak jauh beda dengan angkringan lain, Angkringan Mbah Loso juga menyajikan berbagai macam nasi bungkus, seperti; nasi kucing, nasi oseng, nasi bandeng dan terkadang nasi goreng. Yang spesial dari angkringan ini adalah teh ginasthel (manis, panas, dan kental), teh racikan khas Solo, yang menjadi favorit pengunjung di sini. Berbagai sate atau sundukan juga tersedia sebagai teman pendamping nasi atau sekedar untuk camilan.

Alamat : Jl. RM Said, Karanganyar (Selatan jembatan Siwaluh)

Jam Buka : 12 siang-12 malam (habis)

2. Mie Ayam Cak Naryo

Siapa sih yang tidak menyukai sajian yang satu ini. warung yang satu ini tidak kalah melegendanya. Sudah belasan tahun, warung mie ayam Cak Naryo meramaikan dunia kuliner di Karanganyar. Manisnya kuah semur ayam yang menjadi khas mie ayam jawa berpadu dengan gurihnya kaldu ayam tentu tak dapat ditolak lidah kita. Selain mie ayam, Cak Naryo juga menghidangkan mieso dan bakso. Porsi di warung mie ayam Cak Naryo pun cukup melimpah dan harganya yang murah menjadikan warung ini tak pernah sepi.

Alamat : – Jl. Lawu No. 57B, Jetis, Karanganyar (Utara SDN 3 Karanganyar)

-Jalan Raya Karanganyar-Matesih, Temu Ireng, Tegal Gede, Karanganyar

                Jam Buka : 11 siang – 5 sore (habis)

3. Soto dan Nasi Tumpang Mas Narto

(Foto: Adam Naufal Dzaky)

Tumpang menjadi hidangan khas di daerah Solo dan sekitarnya. Makanan berbahan dasar tempe yang sengaja dibusukkan dan dimasak dengan santan dan cabai ini mempunyai cita rasa khas dan tidak semua orang menyukainya. Meskipun begitu, sambal tumpang di warung Mas Narto wajib dicoba! Karena rasanya cukup ramah bagi orang yang ingin belajar menikmati sambal tumpang. Meskipun soto menjadi hidangan utamanya, bagi saya pribadi nasi sambal tumpang ditambah telur dadar dan ditemani dengan teh panas gula batu menjadi highlight warung ini.

Alamat : Jalan Lawu, Jetis, Karanganyar (Seberang SDN 3 Karanganyar)

Jam Buka : 6 pagi – 9 pagi (habis)

4. Sate Kambing Pak Pur

(Foto: solomediabisnis.com)

Selain Tegal, kota Solo dan sekitarnya menjadi tujuan bagi penikmat sate kambing. Yang menjadi menu spesialnya tak lain adalah sate buntel. Salah satu warung makan yang menyediakan menu ini di Karanganyar adalah warung Sate Kambing Pak Pur. Daging kambing yang sudah dicacah, kemudian dibungkus dengan lemak kambing menjadikan rasa yang nikmat dan lumer di mulut. Selain sate, anda juga harus mengicipi tongseng dan tengkleng yang tidak kalah enaknya.

Alamat : Jl. Lawu No.418, Cangakan Timur, Cangakan, Karanganyar

Jam Buka : 8 pagi – 5 sore (habis)

5. Bakso Arema Pak Slamet

(Foto: dimanaja.com)

Tak hanya sate kambing, Solo juga terkenal dengan baksonya. Namun, warung yang satu ini menyajikan bakso khas Malang yang notabenenya lebih bermacam-macam isiannya. Warung Bakso Arema Pak Slamet cukup melegenda di Karanganyar. Bahkan eyang saya sudah menjadi langganan tetap di warung ini. Baksonya yang ndaging, kuahnya yang gurih, dan pangsitnya yang lembut dan lezat menjadi kombinasi juara. Selain bakso, es teler di warung ini juga menjadi favorit pengunjung.

Alamat : Mandungan, Jungke, Karanganyar, Jam Buka : 9.30 pagi – 7 malam (habis)

(Dilihat 1.609 kali, 6 kunjungan hari ini)
Updated: 28 Mei 2019 — 10:33 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *