KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

8 Tips Membuat Gorengan Tetap Renyah dalam Waktu Lama

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Gorengan yang paling nikmat adalah yang disajikan saat dalam kondisi hangat dan renyah, itu tak bisa dipungkiri. Namun ada kalanya kita tak bisa langsung menyantap habis semua gorengan yang telah dibeli atau dibuat sendiri. Dalam beberapa jam kemudian gorengan tersebut pun menjadi dingin dan bahkan lembek, sehingga tak lagi menarik untuk disantap. Gorengan yang sudah dalam kondisi dingin mungkin bukan masalah besar bagi penikmatnya, tapi di sisi lain tidak semuanya bisa menoleransi gorengan yang tepungnya sudah lembek dan terlihat sangat berminyak. Agar tidak mubazir, gorengan tersebut bisa dipanaskan dengan cara dibakar/dipanggang seperti yang lazim dilakukan di angkringan-angkringan. Tapi rasa dan teksturnya pasti akan menjadi lain.

Sebetulnya ada beberapa cara untuk membuat gorengan tetap renyah dalam waktu lebih lama. Tentu bukan dengan cara menambahkan plastik ke dalam minyak, seperti yang pernah ramai diberitakan beberapa tahun lalu. Kuncinya antara lain terletak pada penggunaan tepung dan cara menggoreng. Berikut ini adalah beberapa tips agar gorengan bisa lebih renyah dalam waktu lama:

 

1. Tambahkan tepung kanji dalam adonan. Perbandingannya bisa 1 sendok makan tepung kanji untuk 3 sendok makan tepung terigu. Adonan tepung yang digunakan untuk menyelimuti bahan utama gorengan (baik tempe, tahu, daun singkong, dsb) nantinya akan lebih kaku dan renyah setelah digoreng. Gorengan pun tidak akan mudah lembek saat sudah dingin.

2. Pelumuran dengan tepung jangan terlalu tebal dan adonan jangan terlalu kental. Apabila terlalu tebal, gorengan cenderung lebih banyak menyerap minyak dan bagian dalam lebih lama untuk matang. Gorengan pun menjadi kurang renyah.

3. Gunakan minyak goreng yang baru. Hindari menggunakan minyak bekas atau jelantah untuk menggoreng. Selain tidak sehat, hasilnya juga kurang bagus. Minyak banyak yang terserap dan warna gorengan tidak cantik.

4. Bahan yang sudah dilumuri tepung harus segera digoreng. Apabila dibiarkan terlalu lama menunggu proses penggorengan, tepung akan menggumpal dan membuatnya susah matang.

5. Pastikan semua bahan terendam dalam minyak panas secara sempurna. Ini akan membuat gorengan matang lebih merata dan sempurna.

6. Jangan menggoreng dalam jumlah yang terlalu banyak. Semakin banyak gorengan berada di wajan akan membuat suhu minyak menurun, alhasil ia akan matang lebih lama dan proses pematangan akan kurang sempurna.

7. Menggoreng dengan cepat pada suhu yang tepat. Proses penggorengan yang lambat dan lama tidak menjamin kerenyahan gorengan. Sebaliknya, gorengan justru akan lebih banyak menyerap minyak.

8. Menambahkan sedikit baking soda pada adonan tepung. Cara inipun bisa dicoba agar kerenyahan gorengan bisa lebih tahan lama.

(Sumber foto: www.indonesia.travel)

 

 

(Dilihat 27.160 kali, 1.581 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 21 Maret 2017 — 2:34 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved