KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

9 Tips Jitu Memasak Okra Agar Tidak Berlendir

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Okra adalah salah satu sayuran yang belakangan ini semakin populer di kalangan pecinta makanan sehat karena dinilai memiliki kandungan nutrisi yang kaya. Bentuknya agak unik, menyerupai cabai hijau besar namun dengan tekstur dan bagian dalam yang mirip oyong. Di bagian luarnya juga terdapat bulu-bulu halus. Okra juga biasa disebut “ladies’fingers” karena bentuknya yang seperti jari tangan. Beberapa manfaat kesehatan atau khasiat yang bisa diperoleh dari okra di antaranya adalah: kandungan serat yang tinggi sehingga bagus untuk pencernaan, kandungan vitamin C dan K, menstabilkan kadar gula darah, dan mencegah batu ginjal.

Meskipun begitu masih banyak orang di Indonesia yang belum familiar dengan sayuran yang satu ini, dan seringkali kebingungan bagaimana caranya mengolah okra menjadi hidangan yang tidak hanya sehat tapi juga lezat. Kendala yang paling lazim ditemui adalah okra mengeluarkan lendir yang cukup banyak saat dimasak. Karakteristik khas okra ini tentu dirasa mengganggu, dan justru bisa menghilangkan selera makan. Lantas bagaimana cara mengolah atau memasak okra yang tepat agar tidak muncul lendir yang berlebihan dari sayuran tersebut? Berikut ini adalah beberapa tips memasak dan menghilangkan lendir okra yang bisa anda coba di rumah:

 

1. Tahap persiapan sebelum memasak turut menentukan seberapa banyak lendir yang dikeluarkan okra. Air bisa memicu produksi lendir okra yang lebih banyak, oleh sebab itu jangan mencuci okra jika belum siap memasaknya. Biarkan okra berada dalam suhu ruangan sebelum mengolahnya.

 

2. Jika ingin memotong okra, potonglah dalam ukuran besar, jangan terlalu tipis. Okra akan mengeluarkan lendir yang banyak saat dipotong, dan memotongnya tipis-tipis justru akan membuatnya semakin berlendir.

 

3. Cara yang lebih aman adalah dengan memasaknya secara utuh tanpa dipotong-potong. Jika ingin menerapkan cara ini belilah okra yang berukuran tidak terlalu besar.

4. Membekukan okra dan kemudian memotong-motongnya saat masih dalam keadaan beku.

 

5. Merendam okra dalam cuka selama kurang lebih setengah jam sebelum dimasak juga bisa mengurangi lendirnya.

6. Pastikan okra dalam kondisi kering saat akan memasaknya. Lalu memasaknya dalam panas tinggi juga dapat mengurangi banyak lendir okra.

7. Memasaknya dengan cara dibakar sambil diolesi sedikit minta dan bumbu yang diinginkan. Menggorengnya dengan tepung juga bisa menjadi alternatif menarik, seperti tempura.

8. Jika dimasak oseng, pastikan memasaknya agak lama (sekitar 10-15 menit) supaya lendirnya berkurang. Wajan jangan terlalu penuh karena bisa mengakibatkan keluarnya lendir okra yang berlebihan.

9. Memasak okra dengan campuran tomat atau perasan jeruk nipis. Kandungan asam dalam tomat atau perasan jeruk nipis bisa membantu mengurangi lendir yang keluar dari okra.

(Dilihat 1.649 kali, 491 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 11 Agustus 2018 — 10:06 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved