KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Es Cobra & Nasi Liwet – Salatiga

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Es Kobra Salatiga

Mendengar namanya saja mungkin membuat anda mengernyitkan dahi. Tapi begitu melihat penampakannya dan merasakan kesegarannya bayangan seram tentang menu ini pasti akan segera pudar. Ya, Es Cobra hanyalah istilah yang dipakai sebagai nama salah satu sajian es campur yang kaya rasa dan menyegarkan. Warung Es Cobra ini termasuk salah satu kuliner lawas di Salatiga yang masih bisa bertahan hingga kini. 

Es Cobra berisikan aneka buah kalengan (ada nanas, pepaya, dan leci), kelapa muda, tape ketan, kolang- kaling, dan cendol yang ukurannya tipis-tipis. Semua bahan tersebut dipadukan dengan es serut yang kemudian disiram dengan air gula, susu kental, dan sirup. Hasilnya adalah kombinasi rasa yang komplit. Berbagai komponen rasa dari bahan isian dan kuah Es Cobra bisa menyatu dengan sempurna, menghasilkan rasa dan aroma yang menyegarkan.

Nasi Liwet dari WM Es Kobra – Salatiga

Sebenarnya warung ini tidak hanya khusus menjual Es Cobra. Ada juga berbagai varian es campur lainnya dan aneka jus buah, seperti es kelapa muda, es teler, es kecana, es campur buah, es blewah, es sarang burung, jus alpukat, es kencana, dan masih banyak lainnya. Selain itu, anda pun bisa memesan aneka menu makan siang yang tak kalah enaknya, antara lain: nasi liwet, nasi langgi, nasi ayam goreng, nasi rames, nasi opor ayam, nasi campur, ayam goreng modern, dan lain sebagainya.

Di antara berbagai menu makanan tersebut, yang paling kondang di tempat ini adalah nasi liwet-nya. Nasi liwet yang dimaksud disini adalah jenis nasi liwet khas Solo. Dalam satu porsi nasi liwet terdapat nasi gurih yang  dilengkapi dengan sambal goreng labu siam, suwiran daging opor ayam yang cukup banyak, dan satu butir telur opor. Tak lupa di atasnya disiramkan areh santan (kepala santan yang sangat kental) yang akan membuat nasi liwet terasa makin gurih.

Jam buka: 10.00 – sore
Lokasi: Jalan Kalipengging, Salatiga. Belakang Apotek Wahid/ Eks Gedung Bioskop Atrium.

April 2013

(Dilihat 2.079 kali, 5 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 22 April 2013 — 5:50 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved