KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Aneka Pepes Sagu dari Jalan Surya Kencana Bogor

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Bagi yang kerap berwisata kuliner di Bogor barangkali sudah tak asing lagi dengan nama salah satu jalan yang menjadi ikon kuliner kota ini. Jalan Surya Kencana di Bogor memang sudah seperti one stop entertainment bagi para penikmat kuliner. Aneka kuliner andalan Bogor, khususnya yang tradisional, banyak tersedia di sana. Kerinduan atau rasa ingin tahu terhadap makanan kecil hingga makanan besar khas Bogor bisa terpuaskan di jalan ini. Sebut saja di antaranya soto kuning, soto mie, seupan tales, lumpia basah, aneka asinan, tauge goreng, bir kocok, cungkring (cungur goreng), dll. Tak perlu sangsi meski makanan-makanan tersebut banyak yang dijual di gerobak dorong pinggir jalan atau emperan toko. Kualitasnya tidak kalah dengan masakan rumah makan gedongan.

(Foto: goodindonesianfood.com)

                                 (Foto: goodindonesianfood.com)

Di antara sekian banyak makanan yang dijajakan di jalan Surya Kencana, ada satu yang membuat penasaran karena tempat ini menjual pepes bercita rasa manis. Cukup mengejutkan karena selama ini pepes lebih dikenal sebagai masakan yang kaya bumbu dan cenderung bercitarasa asin atau gurih. Bagaimana mungkin pepes yang berbahan ikan, tahu, atau jamur memiliki rasa yang manis. Tentu akan sangat aneh. Akan tetapi keraguan itu segera sirna setelah melihat sendiri pepes macam apa yang dijual di gerai Pak Daniel. Ternyata pepes ini menggunakan bahan baku sagu yang dikombinasikan dengan bahan-bahan lain seperti pisang, nangka, coklat, hingga keju.

Jajanan ini mungkin lebih pas jika dimasukkan dalam kategori kue basah tradisional, namun penamaan pepes memang lebih menarik dari segi pemasaran. Pepes sagu pisang menjadi salah satu favorit pembeli. Tekstur sagunya tidak terlalu liat dan warnanya agak transparan. Saat dibuka dari bungkus daun pisangnya, pepes sagu ini sudah terlihat begitu menggoda. Apalagi yang menggunakan lelehan coklat di dalamnya. Pepes sagu nangkanya pun tak kalah menarik. Bisa dibayangkan saat pepes sagu nangka ini baru selesai dibakar dan dibuka bungkusnya. Aroma nangka pasti sangat menggugah selera.

Selain pepes sagu tempat ini juga menyediakan berbagai macam pepes yang bercita rasa asin, diantaranya ada pepes peda, pepes teri, pepes telur asin, pepes usus dll. Jika sedang mencari lauk untuk makan siang bolehlah gerai serba pepes milik Pak Daniel ini menjadi referensi. Tempat jualannya sederhana saja, hanya berupa gerobak yang cukup besar untuk menampung begitu banyak varian pepes.

 

Pepes Sagu / Serba Pepes

Lokasi: Jl. Surya Kencana, Bogor

 

 

 

(Dilihat 326 kali, 3 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 12 November 2016 — 12:16 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved