KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Bakso Bakar Legendaris di Kota Malang

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Jika ditanya makanan apa yang identik dengan kota Malang, sebagian besar orang mungkin akan dengan mudah menjawab bakso. Sebagai makanan rakyat bakso memang mudah ditemui di daerah manapun, namun bakso Malang dikenal memiliki ciri khasnya sendiri. Isian dalam semangkuk bakso Malang tergolong variatif, tidak sekedar bakso daging dan mie saja. Biasanya ada juga bakso urat, pangsit goreng/basah, tahu bakso, siomay goreng/basah, hingga kekian. Dari kota ini pula muncul varian bakso unik yang akhirnya menambah daftar kuliner khasnya, yakni bakso bakar.Bakso Bakar Pak Man MalangUntuk yang terakhir tersebut, ada cerita menarik di belakangnya. Siapa sangka menu bakso bakar ini tercipta karena ketidaksengajaan. Berawal dari pengalaman seorang penjual bakso kuah biasa yang mendapati baksonya berada dalam tungku pembakaran. Bakso yang terpanggang bara api tersebut ternyata menguarkan aroma yang sedap dan rasanya enak. Dari situlah kemudian si penjual bereksperimen dengan menambahkan bumbu bakaran pada bakso. Dalam perjalanannya, menu bakso bakar ini justru digemari pelanggan karena menawarkan citarasa yang berbeda dengan bakso kuah biasa.

Warung Bakso Pak Man di Malang adalah tempat yang sering disebut sebagai pencetus lahirnya menu bakso bakar ini. Warung yang bersahaja dan tak begitu besar tersebut bisa sampai kewalahan menampung pengunjung yang membludak. Sambil menunggu pesanan, melihat proses pembuatan bakso bakar bisa menjadi hiburan tersendiri. Bakso disusun dalam tusukan sate yang panjang, barangkali ada sekitar 15 butir bakso dalam tiap tusukan. Sebelum dibakar, bakso disiram terlebih dulu dengan bumbu berwarna merah gelap. Katanya bumbu tersebut terbuat dari campuran kecap, saus tomat, dan bumbu lain yang dirahasiakan. Level pedasnya pun bisa disesuaikan: pedas, sedang atau tidak pedas sama sekali.

Satu porsi berisi 10 butir bakso bakar, namun pembeli juga bisa memesan porsi besar yang berisikan 15 – 20 butir bakso. Menyantap bakso bakar akan lebih pas jika didampingi bakso kuahnya. Kuah yang segar bisa membantu menetralisir rasa bakso bakar yang bumbunya kuat. Jangan khawatir kekenyangan karena di warung bakso Pak Man versi kuahnya tergolong sederhana, isinya hanya terdiri dari bihun dan tahu bakso / tahu isi. Bila masih ingin mencicipi bakso rebusnya, boleh juga ditambahkan ke dalamnya. Sebagai kotanya bakso, Malang memang menawarkan banyak pilihan bakso enak. Ibarat kata, bakso gerobak dorong di Malang saja rasanya sudah istimewa. Tinggal pilih mana yang paling pas dengan selera masing-masing.

 

Bakso Bakar Pak Man Malang

Lokasi: Jl. Diponegoro No. 19, Malang – Jawa Timur

Buka: 09.00 -21.00 WIB

 

 

(Dilihat 2.360 kali, 27 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 7 Agustus 2015 — 7:46 pm

3 Comments

Add a Comment
  1. Catet Dulu alamatnya Jl. Diponegoro No. 19, Malang – Jawa Timur, Klo main ke malang bisa mampir nih. Bookmark dulu ah

  2. owalah, jadi bakso legendaris malang itu ada di warung bakso pak man to. besok kapan-kapan saya mampir lah. enak banget pasti rasanya

  3. kayaknya enak nih, jadi pengen nyobaa..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved