KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Bakso Rusuk Palur “Resep dan Koki Asli Bu Sadiyem”

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Bakso Rusuk Palur

Di Solo ada satu jenis bakso yang sangat terkenal, namanya bakso rusuk atau bakso iga sapi. Dari segi bumbu dan rasa bakso ini sebenarnya tak jauh beda dengan yang lain, tapi yang membuat istimewa adalah di dalamnya diikutsertakan potongan iga sapi yang empuk.  Warung bakso rusuk yang terkenal ada di daerah Palur, di pinggir jalan raya yang menuju arah Tawangmangu dan Karanganyar.

Setibanya di lokasi, anda mungkin akan bingung karena ada dua warung bakso rusuk yang berdekatan namanya adalah Bakso Rusuk Palur “Resep dan Koki Asli Bu Sadiyem” dan Bakso Rusuk Palur “Asli Yang Lama”. Dari informasi yang beredar, masing-masing warung dikelola oleh mantan pasangan suami-istri pelopor usaha bakso rusuk ini. Namun demikian, yang akan dibahas disini adalah Warung Bakso Rusuk Palur “Resep dan Koki Asli Bu Sadiyem”.

Warung ini menyediakan 3 varian menu bakso: bakso polos / biasa, bakso rusuk, dan bakso tetelan yang menyertakan potongan daging sapi. Dalam satu porsi bakso rusuk terdapat kurang lebih 4 butir bakso, bihun, dan beberapa potong iga sapi. Kuah baksonya terasa ringan di lidah, namun tendangan kaldunya tetap terasa. Taburan daun seledri cincang dan bawang merah goreng di atasnya makim memperkaya rasa dan aroma bakso. Rusuk atau iga sapinya  empunpuk, daging yang melekat di tulang luruh dengan mudahnya ketika disantap. Jika perut sedang lapar, anda bisa memesan bakso bersama satu porsi nasi putih.

Di berbagai lokasi lain di Solo, bahkan juga di kota lain, kita juga bisa jumpai warung bakso yang mengklaim cabang dari Warung Bakso Rusuk Palur yang legendaris. Namun tidak jelas benar apakah warung-warung tersebut memang cabang resmi dari yang ada di Palur. Yang pasti, jika ingin membuktikan rasa bakso rusuk yang orisinal tentu lebih baik menyambangi tempat asalnya.

Jam buka: 09.30 – 19.00

Lokasi: Jl. Raya Solo-Tawangmangu 74 (Palur), Solo Timur/Karang Anyar

 

April 2013

*Sumber foto: wisatakuliner.com

 

(Dilihat 4.157 kali, 1 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 2 April 2013 — 4:12 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved