KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Batagor dan Bakso Cuanki Serayu, Jajanan Legendaris Bandung

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Bagi pecinta kuliner, apalagi jajanan khas daerah, siapapun akan mengamini bahwa Bandung adalah surganya. Tidak hanya makanan besar yang mengenyangkan, di sini ada begitu banyak makanan kecil atau kudapan yang bakal membuat orang mudah jatuh cinta begitu pertama kali mencicipi. Dari surabi, siomay, batagor, cireng, hingga cilok sekalipun semua layak untuk dicoba. Di kota ini bahkan jajanan sekolah semacam cilok saja bisa naik kelas setelah diberi sentuhan inovasi aneka rasa dan tempat jualan setara kafe.

(Foto: detik.com)

                            (Foto: detik.com)

Di antara sekian banyak pilihan jajanan di Bandung, barangkali ada satu nama yang terdengar unik dan kurang familiar bagi pengunjung dari luar kota, yakni baso/bakso cuanki. Penjualnya ada di Jalan Serayu sehingga dinamakan Bakso Cuanki Serayu. Ini adalah salah satu destinasi kuliner populer di kota Bandung. Bakso Cuanki Serayu konon sudah berdiri sejak tahun 1990-an dan masih bertahan hingga sekarang. Menu yang ditawarkan di sini sesungguhnya tidak cuma bakso cuanki. Ada pula batagor khas Bandung yang gurih, renyah dan selalu bikin kangen. Barangkali karena penjual batagor di Bandung sudah demikian banyak, akhirnya bakso cuanki lah yang menjadi identitas tempat ini.

Dari cerita yang ada, dulu bakso cuanki banyak dijajakan dengan gerobak keliling di kampung-kampung. Seiring berjalannya waktu penjual keliling ini semakin sulit ditemui. Alhasil Bakso Cuanki Serayu inilah yang sekarang menjadi pengobat rindu para penggemar bakso cuanki. Meski namanya terdengar seperti chinese food dan memicu rasa penasaran, ternyata wujud bakso cuanki tak terlalu mengejutkan. Bakso cuanki ini adalah semacam batagor, siomay dkk yang dihidangkan dengan kuah segar. Isinya terdiri dari bakso, tahu goreng, tahu putih, siomay, dan batagor dalam satu mangkuk. Rasa kuahnya sendiri sangat minimalis. Kuah cuanki tidak menggunakan kaldu daging, melainkan rebusan tulang ikan. Bila ingin memperkaya rasanya tinggal ditambahkan aneka pelengkap seperti sambal, saus, atau kecap.

Menu Batagor Serayu juga tak bisa diabaikan begitu saja. Batagor yang gurih dan renyah dipadu dengan sambal kacang yang legit dan cenderung kental. Tekstur sambal kacangnya terbilang halus dan nyaris tak terasa lagi butiran-butiran dari biji kacangnya. Sambal kacang tidak langsung disiram di atas batagor. Ini cara yang tepat sehingga saat menikmati batagor dominasi sambal kacangnya tak terlalu kuat. Untuk menyantapnya kita tinggal mencocol batagor ke sambal kacang yang disajikan bersisian.

 

Batagor dan Bakso Cuanki Serayu

Lokasi: Jl. Serayu No. 2, Bandung

Buka: 11.00-20.00 WIB

 

 

(Dilihat 2.377 kali, 10 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 28 Juli 2016 — 12:30 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved