KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Bebek Goreng H. Slamet, Kartasura

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Bebek Goreng H. Slamet + sambel korek

Bagi penggemar menu bebek, nama bebek Slamet pastilah tak asing lagi di telinga mereka. Warung bebek goreng H. Slamet ini berlokasi di Sedahromo Lor RT 01/RW 07 Kartasuro, Sukoharjo Jawa Tengah. Meski masuk wilayah Kabupaten Sukoharjo, warung ini letaknya tak jauh dari pusat Kota Solo dan sangat mudah dijangkau (dekat dengan jalan raya Solo-Jogja). Haji Slamet Raharjo, sang pemilik warung, mulai berjualan bebek goreng pada tahun 1986 di pinggir jalan Solo-Jogja, dan sejak tahun 1992 pindah ke dalam kampung Sedahromo Lor karena terkena pelebaran jalan.

Warung ini terkenal dengan olahan bebek gorengnya yang garing, empuk, tidak terlalu berminyak dan tidak amis. Bumbunya pun terasa meresap dalam daging bebek. Untuk bebek goreng anda bisa memilih beberapa bagian: paha, dada, kepala, ceker, ampela, dan hati. Elemen lain yang tak kalah pentingnya adalah sambal korek.

Bahan sambal koreknya sederhana saja, terbuat dari bawang putih dan cabe rawit yang diuleg kasar. Sambal ini kemudian disiram dengan minyak jelantah untuk memunculkan aroma sedap dan disajikan dalam cobek tanah liat. Sambal koreknya yang pedas menambah kenikmatan dalam menyantap bebek goreng yang gurih dan empuk. Sambal korek ini pula yang sering membuat orang ketagihan dan selalu ingin kembali kesini.

Selain bebek goreng, warung ini juga menyediakan menu olahan ayam kampung. Anda juga bisa memesan aneka minuman yang barangkali sulit ditemukan di tempat lain seperti beras kencur, kunir asem, dan gula asem.

Saking populernya, bebek goreng H. Slamet sudah membuka banyak cabang di berbagai kota dengan menggunakan sistem “menunjang kerjasama” (bukan franchise). Cabangnya antara lain terdapat di Jakarta, Bekasi, Yogyakarta, Semarang, Gresik, Surabaya, Bandung, dan Bogor. Meskipun bebek goreng H. Slamet sudah mudah ditemui di kota-kota lain, bebek goreng di tempat aslinya selalu terasa lebih mantap. Karena di kota Kecamatan Kartasuro banyak ditemukan warung sejenis, maka Pak Slamet pun merasa perlu mencantumkan kata ”Asli” di kardus pembungkus serta papan nama penunjuk.

Lokasi Pusat: Sedahromo Lor RT 01/RW 07 Kartasura, Sukoharjo Jawa Tengah

Jam Buka: 09.00-21.00 WIB

Cabang Bebek Goreng H. Slamet “Asli”:

Cabang Solo: Jl. Bhayangkara No. 39B Tipes
Telp: (0271) 723 439

Cabang Yogyakarta

  • Jl. Mangkubumi, Yogyakarta
  • Jl. Ring Road Utara Barat Monjali
  • Jl. Kol. Sugiyono Yogyakarta
  • Jl. Gejayan, Yogyakarta

Cabang Bandung

  • Jl. BuahBatu 63, Bandung, Jawa Barat, Indonesia (+62) 022 – 7306806, 022-92469988
  • Jl. Riau 171 (Belakang Taman Pramuka), Bandung, Jawa Barat, Indonesia (+62) 022-93607788, 022-93339488
  • Jl. Soekarno-Hatta No.771 (Riung Bandung), Bandung, Jawa Barat, Indomesia (+62) 022-93844488

Cabang Jakarta

  • Jl. Jatiwaringin Raya No. 32 D, Jakarta Timur
    Telp: (021) 860 6153
  • Jl. Kesehatan Raya No. 28, Bintaro, Jakarta Selatan
    Telp: 0817 440 774
  • Jl. Radio Dalam Raya No. 47B, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Cabang Surabaya

  • Jl. Taman Darmo Permai Timur 1 No. 3 Surabaya
    (Seberang BCA HR. Muhammad, lewat jalan antara Ruko Graha Interieur dan Geraja Gloria)

Cabang Malang

  • Jl. Welirang no. 24, Malang
  • Jl. Ciliwung, Malang

Januari 2013

*Sumber gambar: panduanwisata.com
 

(Dilihat 6.646 kali, 14 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 26 Januari 2013 — 12:57 am

5 Comments

Add a Comment
  1. Jika membutuhkan gurita atau lobster, kami dari Lobstar Surabaya siap menyuplai gurita dan lobster air tawar untuk kebutuhan restauran seafood, rumah makan ikan bakar, maupun untuk konsumsi pribadi.

    HP: 085707105679, 087851343104, 031-72969303
    Lokasi: Surabaya
    http://www.lobstar.net

  2. enak nih, setiap kota pasti ketemu sama bebek goreng H. Slamet, pengunjungnya jg pasti banyak (y)
    Maaf sebelumnya numpang ngasih info nih, buat yang gamau repot masak waktu mau ngadain pesta/syukuran/resepsi pernikahan tapi tetep pengen nyicip makanan enak?
    kami dari Bu Mentik Catering and Wedding Organizer bisa loh menyediakan jasa catering dan paket pesta pernikahan.. makan dari kami dijamin fresh.. lezat.. halal.. dan tentunya tanpa vetsin.. langsung cek situs kami yuk.. http://www.bumentik.blogspot.com

    Terimakasih.. 🙂

  3. Sya suka Bebek Goreng Crispy Kalau Ke RM H Slamet

  4. Waaaah, bebek slamet ini emang favorit aku banget, tersebar di mana – mana lagi. Jadi mau di kota mana aja, kalau pengen bebek ujung – ujungnya ke Bebek Slamet (Asli) Kertasura.

    Kalau berdasar review Bebek H. Slamet Asli Kertasura di https://www.foody.id/ sih emang gak ada yang jelek. Tapi menurut saya pribadi ada 3 hal yang bikin Bebek Slamet ini terkenal dan jadi favorit masyarakat.

    1. Sambal Korek Super Pedas
    Meskipun cuma pake cabe, bawang putih, dan minyak jelantah yang diuleg kasar, sambel korek punya bebek slamet selalu bikin kita pengen nambah nasi gak sih? Pedasnya nampol!

    2. Ukuran Bebek Super Besar
    Mau potongan paha atau dada, di cabang Bebek Goreng H. Slamet Asli Kertasura manapun, ukurannya selalu besar. Dijamin puas makan bebek di sini! Walaupun ukurannya besar, daging tidak alot dan bumbunya meresap hingga ke tulang. Gak heran kalau pada doyan.

    3. Punya Bebek Remuk
    Salah satu menu yang langka ditemukan di tempat makan lalapan biasa adalah si bebek remuk. Jadi daging bebek diremukin lalu digoreng garing. Cocok buat yang suka makan sesuatu yang “kriuk”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved