KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Berburu Batagor Kingsley yang Tersohor di Bandung

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr
Batagor Kingsley Bandung (foto: panduanwisata.com)

Batagor Kingsley Bandung (foto: panduanwisata.com)

Berburu jajanan khas Bandung tentunya tak lengkap jika melewatkan menu yang satu ini: batagor. Bakso tahu goreng, begitulah kepanjangannya. Batagor memang hasil kombinasi antara tahu dan bakso yang kemudian digoreng. Yang disebut bakso disini lebih kepada campuran adonan tepung dan ikan (biasanya digunakan ikan tengiri).

Konon batagor mulai diperkenalkan pada tahun 1970-an oleh seorang pedagang bakso tahu keliling bernama Isan. Tak ingin sisa dagangan terbuang percuma, Isan memilih menggoreng bakso tahunya dan membagikannya pada para tetangga. Tak disangka, orang-orang justru lebih menyukai bakso tahu yang digoreng itu. Seiring berjalannnya waktu, makanan enak yang berawal dari ketidaksengajaan inipun semakin populer di tengah masyarakat.

Kini batagor bisa mudah dijumpai, tak hanya di Bandung tapi juga di kota-kota lainnya di Indonesia. Namun jika ingin mencicipi batagor kelas premium dengan citarasa terbaik, tetap Bandung lah gudangnya. Salah satu tempat yang cukup terkenal adalah Batagor Kingsley di Jalan Veteran, Bandung. Kualitas batagor disini terbilang istimewa. Tahunya yang lembut,berpadu indah dengan bakso ikan yang kenyal dan gurih. Begitu digoreng, kelembutan batagor ini tidak serta merta hilang melainkan hanya berselimutkan kulit luar yang renyah dan aroma yang menggoda.

Batagor yang masih hangat lantas disajikan dengan bumbu kacang yang legit dan bercitarasa manis-gurih. Sajian penggoyang lidah yang sempurna. Agar rasanya lebih segar dan tidak enek, bisa ditambahkan perasan jeruk limau di atasnya. Porsinya mungkin tidak terlalu mengenyangkan bagi sebagian orang, tapi dari segi rasa cukup berhasil memanjakan indera pengecap.

Batagor akan terasa lebih lengkap bila disajikan bersama pendamping setianya, yakni siomay goreng. Bahan untuk siomay sama dengan yang digunakan pada batagor, hanya saja adonan baksonya dibungkus dengan kulit pangsit. Bisa dibayangkan ketika kulit pangsit yang renyah, tahu yang lembut, dan bakso yang kenyal berpadu dalam satu piring saji. Hidangan ini pun memiliki tekstur yang kaya ketika disantap.

Selain disajikan dengan bumbu kacang, batagor juga bisa dinikmati dengan kuah kaldu bening yang gurih. Menu ini biasa disebut Batagor Basah atau Batagor Kuah. Rasanya tak kalah enak dan malah bisa menjadi pilihan paling pas di saat hujan atau udara dingin. Kuahnya yang panas akan membantu menghangatkan tubuh. Batagor Kingsley juga menyediakan menu lain yang layak dicoba seperti mie kocok, mie ayam bakso, mie yamien, es doger, dan aneka jus buah.

Buka: 08.00 – 20.00 WIB

Lokasi: Jl. Veteran No. 25, Bandung – Jawa Barat

 

Desember 2013

 

 

(Dilihat 583 kali, 6 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 6 November 2014 — 8:19 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved