KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Berburu Kuliner Favorit Khas Palembang di Pempek Vico

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Bicara soal kuliner Palembang, tak mungkin bisa melewatkan pempek. Makanan berbahan ikan dan tepung ini memang sudah menjadi ikon kuliner kota Palembang, seperti halnya Yogyakarta dengan gudegnya. Sebagai kuliner rakyat, pempek bisa dengan mudah ditemui di tiap penjuru kota. Kelasnya pun beragam, dari yang sederhana dan berharga murah hingga kelas premium dengan harga menengah ke atas. Pendeknya, pempek di Palembang mengakomodasi selera berbagai kalangan masyarakat. Namun perlu juga dicatat bahwa pempek berharga murah bukan berarti tidak enak. Terkadang mereka hanya kalah dalam soal brand atau merk.

pempek vico palembang

                       (foto: pempekvicoonline.com)

Pempek Vico adalah satu dari sekian banyak pempek di Palembang yang namanya sudah sangat populer, tidak hanya di dalam tapi juga luar kota dan luar pulau. Awalnya Pempek Vico berlokasi di kawasan Plaju, Palembang. Melihat laju perkembangan Palembang yang cukup potensial, akhirnya Pempek Vico membuka outlet di pusat kota, tepatnya di jl. Letkol Iskandar No.541-542. Agaknya pilihan ini sangat tepat, karena lokasinya bisa menarik lebih banyak pengunjung dari luar kota. Bagi sebagian wisatawan yang sudah sering ke Palembang, Pempek Vico merupakan destinasi kuliner wajib. Tak hanya karena rasanya yang enak, Pempek Vico juga menyediakan paket berkemasan khusus yang bisa dijadikan buah tangan.

Aneka pilihan dan ukuran pempek siap goreng dikemas dalam plastik kedap udara sehingga bisa bertahan lebih lama jika dibawa ke luar kota atau keluar pulau sekalipun. Lebih praktis juga karena saat ingin menggoreng kita tidak perlu lagi mencuci tepung yang biasa digunakan sebagai pelapis agar pempek lebih awet dikirim ke luar kota. Ini tentunya sangat menarik dan memudahkan konsumen yang ingin membeli pempek dalam jumlah banyak untuk dibawa pulang. Ada beberapa jenis pempek yang ditawarkan, antara lain pempek telur kecil, pempek kulit, pempek adaan/bulat, lenjer, dan pempek keriting.

Aroma dan rasa ikan pada pempeknya tidak terlalu kuat, cocok bagi mereka yang memang tak begitu suka bau ikan. Adonannya terasa begitu pas. Tidak terlalu keras dan tidak terlalu alot saat digigit. Rasa gurihnya sangat pas di lidah, tak ada tendangan bumbu yang terlalu kuat. Ini menjadi semakin sempurna saat kita menyantapnya dengan kuah cuko racikan Vico yang rasanya juga cukup impresif. Jangan terkecoh dengan cukonya yang hitam pekat.

Di balik tampilan kuah cuko yang garang ternyata ada sebuah perpaduan rasa yang begitu seimbang. Rasa manis, asam, dan pedas hadir dalam komposisi yang tidak berlebihan, tidak saling mendahului. Ada kalanya kita menemui cuko yang elemen rasanya, entah manis, asam, atau pedas, terlalu dominan sehingga merusak rasa dari pempek itu sendiri. Hal ini tidak terjadi pada cuko di Pempek Vico. Jika bersantap di tempat, jangan lupa untuk mencicipi Es Kacang Merahnya yang juga sangat terkenal.

Satu sisi yang menarik dari Pempek Vico adalah kepekaannya dalam merespon perkembangan pasar yang makin tak bisa lepas dari mantra perekonomian digital. Transaksi barang kini seperti tak terbatasi ruang dan waktu. Situasi ini direspon Pempek Vico dengan pengemasan produk yang lebih modern sehingga memungkinkan transaksi jarak jauh lewat pemesanan via telepon atau secara online.

 

Lokasi: Jl. Letkol Iskandar No. 541-542, Palembang. Depan Palembang Indah Mall

 

 

(Dilihat 261 kali, 5 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 9 Juni 2016 — 9:52 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved