BERBURU KULINER SEGAR DI SOLO: ES GONG 2000

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

*Kontributor: Adam Naufal Dzaky

Solo memang surganya kuliner. Sate buntel, Tengkleng, Nasi Liwet menjadi menu andalan dari kota ini. Selain itu kota Solo pun terkenal dengan Es Dawet Bu Dermi di Pasar Gede yang cukup melegenda. Tak jauh dari Pasar Gede, sebenarnya ada warung yang menyediakan berbagai macam olahan es campur yang tentu tak kalah nikmatnya dari Es Dawet Bu Dermi.

ES GONG 2000 SOLO

Es Gong 2000 namanya. Bertempat di Shelter Lojiwetan atau timur Benteng Vastenburg yang merupakan kompleks penjual Sate Kambing maupun Tengkleng, Es Gong 2000 tak kalah ramai pengunjung. Biasanya setelah menyantap sate untuk makan siang, banyak orang yang ingin mengicipi segarnya Es Gong 2000. Warung es ini memiliki beberapa menu andalan antara lain es Tahu Campur, es Tahu Teler, es Buah, es Cokelat Van Houten dan masih banyak yang lain. Yang spesial dari warung ini adalah anda dapat meminta tambahan buah durian untuk topping tambahan di es favorit anda.

Kali ini saya mencoba mencicipi es Cokelat Van Houten. Es ini dasarnya adalah es campur yang berisi buah-buahan segar seperti alpukat, nangka, dan topping lain seperti cincau, jelly, kolang-kaling dan bubur mutiara. Yang membuatnya spesial yaitu kuah dari es ini dibuat dengan cokelat bubuk yang cukup melegenda pula yaitu Cokelat Van Houten. Tidak seperti es cokelat atau campur di tempat lain yang menggunakan susu kental manis, kuah dari es cokelat di sini memiliki rasa yang khas. Manis dan pahitnya cokelat pun bercampur padu tidak saling menutupi rasa dari satu sama lain. Kali ini saya tidak menambahkan durian sebagai topping di es cokelat saya. Karena menurut saya kurang cocok apabila durian dinikmati dengan cokelat. Tentu ini opini pribadi saya, jika anda sekalian ingin menambahkan durian silahkan saja tentu boleh dicoba!

ES GONG 2000 SOLO

Teman saya yang ikut menemani saya ke Es Gong 2000, memesan Es Campur dengan tambahan durian. Isinya pun tidak jauh berbeda dari es cokelat pesanan saya. Namun varian buah yang digunakan lebih beragam dari es cokelat. Kuahnya pun menggunakan sirup leci dengan tambahan susu kental manis putih yang membuatnya terasa semakin segar. Duriannya yang ditambahkan pun menambahkan rasa unik di es campur nya. Semangkok es Cokelat Van Houten dihargai 12 ribu rupiah saja tanpa tambahan durian dan es Campur dengan tambahan topping 2 biji durian yang lumayan besar hanya dihargai dengan 20 ribu rupiah saja. Tentu bukan harga yang mahal mengingat porsi esnya yang cukup besar dan varian topping yang beragam.

Es Gong 2000 Solo

Lokasi: Jalan Kapten Mulyadi, Shelter Lojiwetan, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Surakarta

Buka: Setiap hari 10 pagi – 4 sore (habis)

(Dilihat 269 kali, 2 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 27 Februari 2019 — 10:12 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *