KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Bingka Kentang Stal Kuda, Oleh-Oleh Khas dari Balikpapan

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr
Bingka Kentang Stal Kuda - Balikpapan

Bingka Kentang Stal Kuda – Balikpapan (foto: livinginbalikpapan.com)

Selain kepiting, ada satu lagi makanan khas Balikpapan yang biasa dijadikan oleh-oleh, yakni kue Bingka Kentang. Kue tradisional berbentuk mahkota bunga ini juga menjadi makanan favorit buka puasa ketika bulan Ramadhan karena rasanya yang manis dan legit. Penampilannya sepintas mirip kue lumpur, namum memiliki tekstur yang lebih halus.

Keunikan kue ini terletak pada bahan yang digunakan. Bingka kentang, seperti namanya, menggunakan kentang sebagai komponen utama di dalamnya disamping tepung terigu. Cara memasaknya pun khas, tidak dengan dikukus atau dioven seperti umumnya dijumpai di daerah lain. Bingka kentang khas Banjar biasanya dimasak di atas api arang, sehingga bisa menimbulkan aroma harum yang menggoda.

Salah satu tempat terkenal yang menjual bingka kentang, bahkan konon merupakan pelopor bingka kentang di Balikpapan, berlokasi di kawasan Stal Kuda (depan Asrama Brimob), Jl. Jend. Sudriman, arah menuju Bandara Sepinggan. Produknya dikenal luas dengan nama Bingka Kentang Stal Kuda.

Usaha keluarga ini dirintis sejak belasan tahun lalu, dan kini telah menjadi tempat favorit masyarakat ataupun pelancong dari luar daerah untuk berburu aneka makanan tradisional Balikpapan. Tak jarang pelancong dari Malaysia ataupun Singapura membeli bingka kentang untuk oleh-oleh. Selain itu, bingka kentang juga kerap dijadikan kue konsumsi untuk acara-acara khusus, dari rapat kantor hingga acara keluarga.

Toko ini sebenarnya menjual banyak macam kue, tetapi yang menjadi ikon tetap Bingka Kentang Stal Kuda-nya. Agar tidak bosan dan tidak kalah bersaing dengan kue-kue modern, bingka kentang divariasi dengan aneka rasa seperti pandan, cokelat, keju, dll. Bila sedang berkunjung ke Balikpapan, Bingka Kentang Stal Kuda ini sangat sayang untuk dilewatkan. Terlebih lagi ini adalah kue tradisional yang sulit didapatkan di tempat lain. Dan eksistensi kue tradisional macam ini bisa jadi takkan bertahan lama jika kita tidak turut melestarikannya.

Lokasi: Jl Jend Sudirman 13. Depan Asrama Brimob
Prapatan, Balikpapan Selatan
Balikpapan

 

September 2013

(Dilihat 6.986 kali, 40 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 3 September 2013 — 9:03 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved