KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Brambang Asem Brokoli

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Brambang Asem Brokoli

Brambang asem ini adalah makanan khas dari Solo dengan bahan yang sangat sederhana. Versi aslinya hanya memadukan daun ubi rebus (orang Jawa menyebutnya lung tela) dengan sambal asam pedas (mirip sambal lotis/rujak). Rasa asam pedasnya sangat menyegarkan dan biasanya gembus/tahu/tempe bacem turut ditambahkan sebagai lauk pendamping.

Sekarang sudah agak sulit menemukan penjual brambang asem ini, karena ia hanya dijajakan di warung-warung kecil atau oleh ibu-ibu pedagang keliling di kampung-kampung. Namun jangan khawatir, jika sulit menemukan penjualnya anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya sangat mudah dan ada bisa memvariasikannya dengan jenis sayuran yang anda sukai. Wortel, buncis, jipan putih, dan brokoli juga sangat cocok dipadukan dengan sambal brambang asem. Berikut ini kita akan mencoba membuat brambang asem dengan sayur brokoli.

Bahan-bahan:

–        Brokoli

–        Gula jawa 1 ons

–        Cabe rawit 3 buah (jumlahnya bisa disesuaikan sesuai selera)

–        Bawang merah 5 siung

–        Asam jawa 1 batang

Cara Membuat:

  • Brokoli dibersihkan, dipotong-potong, kemudian direbus (jangan sampai terlalu lembek). Setelah diangkat dari rebusan, masukkan brokoli lebih dulu ke dalam air es/dingin agar proses pemasakannya berhenti. Cara ini akan bisa mempertahankan kesegaran warna hijau dari brokoli,
  • Bawang merah (semuanya) dibakar terlebih dulu untuk memunculkan aroma dan cita rasa yang khas. Hati-hati jangan sampai hangus.
  • Asem jawa direndam dengan air untuk nanti diambil sarinya/air asemnya saja.
  • Semua bumbu-bumbu (bawang merah bakar, gula jawa, cabe rawit) dihaluskan di atas cobek (jangan gunakan blender) dengan ditambahkan kurang lebih 2 sendok makan air asam jawa. Haluskan dan campur semua bumbu hingga merata.
  • Siapkan brokoli rebus dalam piring, dan kemudian guyurkan sambel brambang asem di atasnya. Brambang asem siap disantap. Anda juga bisa menyajikannya secara terpisah, dan menikmatinya dengan cara mencocolkan brokoli ke dalam sambel brambang asem.
  • Jika suka, anda bisa menambahkan lauk pendamping berupa gembus/tahu/tempe bacem. Rasa manis dan tekstur dari lauk ini akan menambah kenikmatan menyantap brambang asem.

*Resep oleh: Ibu Nurhayati

Januari, 2013

(Dilihat 1.096 kali, 1 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 30 Januari 2013 — 9:34 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved