KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Bubur Tumpang Koyor Bu Sumiah – Salatiga

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Nasi tumpang koyor Bu Sumiah – Salatiga

Jika anda sedang berada di Salatiga sempatkanlah untuk mencicipi bubur sambal tumpang (biasa disingkat bubur tumpang) yang merupakan menu sarapan khas di kota ini. Seperti halnya gudeg yang identik dengan Jogja, sambal tumpang adalah ikon kuliner kota Salatiga. Pada pagi hari anda bisa mudah menemukan penjual bubur tumpang di kompleks pemukiman penduduk, pinggir jalan raya, maupun di pasar.

Salah satu tempat favorit untuk menikmati bubur tumpang adalah warung milik Bu Sumiah. Sebenarnya agak janggal juga menyebutnya “warung” karena tempat berjualan Bu Sumiah bukanlah bangunan permanen dan bahkan hanya menumpangdi halaman toko telor dan beras Waringin, di seberang lokasi Es Kesambi 4. “Warung” bubur tumpang Bu Sumiah ini hanya terdiri dari meja kecil tempat menaruh makanan dan beberapa bangku kayu panjang untuk para pelanggannya.

Suasana antrean pembeli bubur tumpang Bu Sumiah

Menu yang paling diminati disini adalah bubur tumpang koyor (urat sapi). Bubur disajikan dengan sayuran di atasnya (biasanya berupa daun papaya dan serutan papaya muda), karak, (kerupuk yang terbuat dari nasi), dan kemudian disiram dengan sambal tumpang koyor. Koyornya yang empuk dibalut rasa pedas dari sambal tumpang, benar-benar nikmat. Jika tak suka bubur, anda bisa memesan nasi tumpang koyor.

Bubur ketan kinca di warung sambal tumpang Bu Sumiah

Tempat ini juga menyediakan menu lain seperti ketan kinca (semacam saus dari gula merah), ketan kelapa, dan ketan dengan bubuk kedelai. Ada juga menu bubur ketan kinca, kombinasi antara bubur (dari nasi) dan ketan yang disiram kinca. Jangan datang terlalu siang karena Bu Sumiah hanya buka sampai jam 8 pagi.

Jam buka : 05:30 – 08:00 WIB

Lokasi: Jl. Kesambi No. 1, Salatiga. Halaman Toko Waringin / Seberang Es Kesambi 4

Petunjuk Jalan: Dari arah kota belokkan ke Jl. Sukowati (jalan menuju alun-alun Pancasila) >> Lampu merah perempatan Sukowati belok kanan menuju Jl. Kesambi >> Lurus saja kurang lebih 300 m. Lokasinya sebelum pertigaan, kanan jalan.

 

Februari 2013

*Sumber gambar: www.pesonanegeri.com

(Dilihat 4.983 kali, 5 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 9 Februari 2013 — 6:43 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved