KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Bubur Tumpang Koyor Salatiga Plaza

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Bubur tumpang koyor depan Toko Mas Doro, Salatiga Plaza

Satu lagi kuliner enak di Salatiga yang berlokasi di kompleks pertokoan Salatiga Plaza adalah bubur sambal tumpang plus koyor. Tempat berjualannya bukan sebuah warung permanen, melainkan hanya lapak sederhana. Penjual bubur tumpang cukup bermodalkan sebuah meja panjang untuk tempat aneka makanan yang dijajakan dan beberapa kursi plastik untuk pembeli yang makan di tempat. Karena tempat yang terbatas ini, kebanyakan pembeli lebih memilih untuk membungkus bubur tumpang koyor pesanannya.

Bubur tumpang koyor Salatiga Plaza dan aneka menu lainnya

Meski tempatnya sangat sederhana, kualitas bubur tumpang disini terbilang istimewa. Bubur disini terasa begitu gurih dan lembut, dengan tingkat kekentalan yang pas. Menu yang disajikan pun bermacam-macam seperti: sambal tumpang koyor, opor telur / ayam/ tahu, rending daging, telur bumbu rujak, mie dan bihun goreng, pecel sayuran, dan serundeng kelapa. Tapi tentunya yang paling kondang adalah sambal tumpang koyornya.

Bubur tumpang koyor komplit

Koyor (otot/urat sapi) diolah dengan baik sehingga terasa empuk dan tak terlihat terlalu berlemak. Untuk penyajiannya koyor dipotong-potong kecil sehingga memudahkan kita untuk menyantapnuya. Kalau anda tertarik untuk bereksperimen dengan rasa, cobalah memesan bubur tumpang koyor versi komplit. Bubur dipadukan dengan aneka macam isian, seperti pecel sayuran, mie goreng, kering tempe, dan serundeng, kemudian disiram dengan sambal tumpang tahu plus koyor. Rasanya sungguh meriah dan nikmat. Semua komponen rasa dari bermacam-macam lauk dalam bubur tersebut melebur dengan sempurna di lidah. Ada rasa manis-gurih dari pecel dan serundeng, juga tonjokan rasa pedas dari kuah sambal tumpang.

Ketan serundeng yang pulen dan kaya rasa

Selain bubur, disini juga disediakan nasi dan ketan. Jika anda menginginkan sarapan yang lebih “nendang” tentunya nasi tumpang koyor adalah pilihan tepat. Untuk menu selingan, cobalah ketan serundengnya yang tak kalah nikmat. Ketan yang sangat pulen dipadukan dengan serundeng kelapa yang rasanya manis-gurih. Benar-benar menu sarapan khas Salatiga yang memuaskan.

Tak sulit untuk menemukan “warung” bubur tumpang nan istimewa ini. Tempatnya tepat di muka jalan masuk menuju kompleks pertokoan Salatiga Plaza, di depan Toko Mas Doro. Tidak ada papan petunjuk, spanduk, atau semacamnya. Biasanya buka sekitar jam 8 pagi hingga siang hari (sampai habis).

 Jam buka: kira-kira pukul 08.00 – siang hari (sampai habis)

Lokasi: Depan Toko Mas Doro. Tepat di jalan masuk menuju kompleks pertokoan Salatiga Plaza

Februari 2013

 

 

(Dilihat 2.812 kali, 16 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 26 Februari 2013 — 4:29 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved