KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Cara Membuat Cilok dengan Saus Kacang

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Siapa yang tak kenal dengan cilok atau aci dicolok (di beberapa tempat di Jawa Tengah disebut sebagai cilot)? Makanan kecil dengan tekstur kenyal ini pernah menjadi jajanan sekolah terpopuler pada zamannya. Harga murah dan rasa bisa mengakomodasi selera anak sekolah. Popularitas cilok sempat menurun ketika sering dikaitkan dengan bahan kimia berbahaya dalam proses produksinya, dari pengawet hingga pewarna dalam sausnya. Yang menarik, kegemaran orang untuk menikmati cilok sebenarnya tidak pupus begitu saja. Mereka berharap-harap cemas bisa tetap menyantap cilok tanpa harus dibayangi kekhawatiran akan penggunaan bahan kimia berbahaya.

foto ilustrasi

foto ilustrasi

Kesadaran masyarakat yang makin tinggi terhadap isu kesehatan mau tak mau membuat penjual semakin memperhatikan kualitas produk yang dijajakan. Di Bandung bahkan ada resto khusus yang menjual menu cilok. Di sini cilok mengalami rebranding, dari yang sekedar jajanan pinggir jalan menjadi camilan gedongan. Tak pelak inovasi menu cilok pun menjadi lebih beragam, baik dari segi isian maupun saus pelengkap. Di sisi lain, bagi yang masih merasa ragu dengan higienitas cilok yang dijual di luar, membuatnya sendiri di rumah adalah pilihan paling logis.

Resep berikut ini adalah cilok sederhana (tanpa isian) dengan saus kacang. Camilan murah meriah yang bisa mengingatkan kembali keriangan di masa-masa sekolah dulu. Membuatnya tak sulit, bahan yang digunakan pun sangat mudah didapat.

 

Bahan:

– Tepung tapioka 200 gr

– Tepung terigu 200 gr

– Daun bawang 3 batang. Iris tipis-tipis

– Bawang putih 3 siung. Haluskan

– Kaldu batangan/blok 1 buah

– Garam 1 sdm

– Merica bubuk 1/4 sdt

– Air kurang lebih 400 ml

Bahan saus kacang:

– Sambal kacang siap pakai 4 sdm

– Jeruk nipis 1/2 buah

– Cabai merah 2 buah. Haluskan. Bisa juga diganti cabai bubuk

– Kecap manis 1/2 sdt

– Air secukupnya

 

Cara membuat:

  1. Tuang tepung tapioka dan terigu ke dalam wadah. Aduk hingga tercampur rata. Masukkan irisan daun bawang. Asuk lagi hingga rata.
  2. Rebus air bersama bumbu-bumbu seperti bawang putih, kaldu blok, garam, dan merica bubuk. Masak hingga mendidih, lalu angkat.
  3. Masukkan air rebusan bumbu ke dalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga semua bahan dan bumbu merata.
  4. Begitu adonan sudah kalis, buat bola-bola kecil dari adonan tersebut. Ukurannya sesuai selera.
  5. Rebus bola-bola tersebut dalam air mendidih. Bisa tambahkan sedikit minyak ke dalam air untuk memberi efek mengkilat cilok saat sudah matang. Bola-bola cilok yang mengapung berarti sudah matang. Angkat dan tiriskan.
  6. Membuat saus kacang: Masukkan sedikit air ke dalam wajan, tambahkan bumbu kacang siap pakai, aduk hingga larut. Masukkan cabai, kecap manis, dan perasan jeruk nipis. Aduk agar semua bahan tercampur rata. Masak sebentar lalu sisihkan.
  7. Penyajian: Tusuk cilot dengan tusukan sate dan siram atasnya dengan saus kacang.

 

 

(Dilihat 1.289 kali, 88 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 11 April 2016 — 6:57 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved