KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Cara Membuat Es Selendang Mayang nan Ayu dan Menyegarkan

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Sekilas mendengar nama Selendang Mayang, kita bisa membayangkan sesuatu yang indah atau penuh kelembutan. Entah apakah hal tersebut yang menjadi dasar penamaan minuman tradisional Betawi ini, namun penampilannya memang terlihat cantik. Potongan adonan dengan permukaan halus dan tekstur sedikit kenyal mirip agar-agar itu tampak menarik dan ayu dengan paduan warna merah, putih dan hijau. Begitu disiram kuah santan, gula merah dan es batu, hanya orang abai yang kuasa menahan godaan untuk menyantapnya.

(foto ilustrasi: liburanjakarta.web.id)

                              (foto ilustrasi: liburanjakarta.web.id)

Es Selendang Mayang ini termasuk salah satu kuliner Betawi yang semakin langka. Tak banyak lagi yang jual, apalagi selera anak muda zaman sekarang sudah banyak bertransformasi dan justru lebih akrab dengan aneka minuman instan. Namun demikian, selalu ada ruang untuk turut melestarikan kuliner tradisional yang terancam punah. Salah satunya dengan menjadikan es selendang mayang sebagai menu keluarga. Bisa juga disajikan saat ada acara khusus seperti hajatan pernikahan, arisan, reuni, dan sebagainya untuk menumbuhkan public awareness terhadap kekayaan kuliner tradisional kita.

Berikut ini adalah resep Es Selendang Mayang yang bisa anda coba di rumah:

 

Bahan Adonan Selendang Mayang:

– Tepung beras 75 gr

– Tepung sagu aren 100 gr

– Air matang 1000 ml

– Pewarna makanan merah dan hijau. Bisa juga diganti dengan bahan pewarna alami

– Daun pandan 3 lembar

– Garam 1/2 sdt

Bahan Kuah Santan:

– Santan 1 ltr

– Daun pandan 4 lembar

– 1/2 sdt garam

Bahan Sirup Gula Merah:

– Gula pasir 100 gr

– Daun pandan 2 lembar

– Gula aren yang disisir 500 gr

– Air matang 700 ml

– Garam secukupnya

 

Cara Membuat:

  1. Membuat selendang mayang: campur tepung beras, tepung sagu, dan garam. Aduk sampai rata, kemudian tambahkan 1000 ml air. Masak hingga mendidih dan adonan mengental. Bagi adonan dalam tiga wadah. Satu diberi warna merah, satu diberi warna hijau dan satu lagi tanpa ditambahkan pewarna. Aduk adonan yang telah diberi warna hingga merata. Masukkan adonan berwarna merah ke dalam loyang berbentuk persegi. Biarkan agak dingin, lalu tuangkan adonan putih di atasnya. Terakhir tuangkan adonan hijau di atas putih. Dinginkan hingga teksturnya memadat.
  2. Membuat kuah santan: tuang santan ke dalam panci. Tambahkan garam dan daun pandan. Aduk rata dan masak hingga mendidih.
  3. Membuat sirup gula merah: rebus gula aren dan gula pasir dalam 700 ml air. Tambahkan daun pandan dan beri sedikit garam untuk memantapkan rasa.. Aduk agar semua merata. Masak hingga mendidih dan gula larut sempurna.
  4. Menyajikan Es Selendang Mayang: susun selendang mayang yang telah dipotong-potong kecil di dapam mangkuk. Masukkan es batu, kemudian tambahkan santan dan gula merah. Es Selendang Mayang pun siap disantap.

 

 

(Dilihat 582 kali, 10 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 10 Oktober 2016 — 2:42 pm

1 Comment

Add a Comment
  1. Jujur,kalo saya sangat menyukai yang seger-seger,seperti es campur,es buah atau es yang lain-lainnya. Tapi kalo nama es yang satu ini saya malah baru denger dan baru tahu dari artikelnya si Bos ini,sangat inovatif sekali Bos,keren…!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved