Cara Membuat Kopi Cold Brew

BAGIKAN DI: Facebooktwitterpinterestlinkedintumblr

*Kontributor: Adam Naufal Dzaky

Seringkali, ketika datang ke cafe, kita menemmukan menu cold brew. Sebenarnya apa sih cold brew itu? Cold brew atau secara bahasa dapat diartikan dengan kopi seduh dingin adalah salah satu metode menyeduh kopi yang sudah digiling secara kasar, dengan tidak menggunakan air panas, melainkan air dingin atau air dengan suhu ruang dan tidak melakukan pemanasan terhadap kopi yang diseduh. Keunggulan cold brew dibanding metode seduh kopi yang llain yaitu karakter keasaman dari kopi tidak terganggu dengan faktor panas saat menyeduh, sehingga karakter kopinya cenderung lebih ringan dan spesial.

(Foto ilustrasi: gimmesomeoven.com)

Kadang kita ingin menikmati cold brew tapi malas ke kafe. Nah, berikut kami akan membahas cara untuk membuat cold brew sendiri di rumah.

Siapkan peralatan:

  • Wadah/tempat untuk menyimpan hasil seduhan, bisa botol bekas sirup atau botol kaca lain.
  • Timbangan
  • Corong
  • Saringan, jika bisa pakai saringan yang paling rapat seperti saringan kain
  • Mesin grinder/penggiling kopi

Bahan-bahan:

  • Biji kopi
  • Air mineral

Cara membuat:

  1. Giling biji kopi dengan tingkat kehalusan yang medium coarse, namun setiap biji kopi memiliki perlakuan berbeda tergantung karakter rasa, sehingga tidak ada patokan yang baku.
  2. Masukkan bubuk kopi ke dalam botol kaca menggunakan corong
  3. Seduh bubuk kopi menggunakan air bersuhu ruang/dingin dengan rasio 1:7 (yaitu 1 gram bubuk kopi diseduh dengan 7 ml air) rasio ini berpengaruh dengan kepekatan kopi yang akan dihasilkan nanti
  4. Tutup wadah dengan rapat
  5. Simpan dalam lemari es hingga ± 12 jam

Tips:

  • Tidak semua biji kopi/single origin cocok diseduh dengan metode cold brew. Usahakan untuk memakai biji kopi yang berkarakter cenderung fruity ataupun manis sehingga rasa yang dihasilkan lebih smooth dan nikmat.
  • Lamanya waktu ekstraksi juga bisa memengaruhi karakter rasa dari cold brew, meskipun kopi yang digunakan adalah single origin yang sama. Semakin lama proses ekstrasi tentu saja rasa yang dihasilkan semakin pekat.
  • Tingkat kehalusan dari bubuk kopi, semakin halus bubuk kopi maka rasa yang dihasilkan makin kuat dan intens.

Butuh percobaan berkali-kali untuk menemukan resep seduh sesuai selera. Menurut J. Stemplewski, bisa jadi biji kopi favoritmu—yang mengeluarkan aroma begitu menggoda ketika diseduh air panas—tidak akan mengeluarkan potensi terbaiknya ketika diseduh dingin. Layaknya metode seduh lain, rajin bereksperimen adalah kunci

(Dilihat 804 kali, 1 kunjungan hari ini)
Updated: 25 Maret 2019 — 8:53 am

1 Comment

Add a Comment
  1. WAHH INI ARTIKEL yang aku cari dari kemarin.. pas banget momentumnya nih lagi butuh banget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *