KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Cara Membuat Mashed Potato yang Creamy dan Lezat

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr
Creamy Mashed Potato (Foto: www.foodnetwork.com)

Creamy Mashed Potato (foto: www.foodnetwork.com)

Buat orang Indonesia, kentang lebih sering diolah menjadi lauk ataupun sayur untuk disantap bersama nasi. Selain itu, sebenarnya kentang juga bisa diperlakukan sebagai sumber karbohidrat utama dalam sebuah hidangan. Ini bisa kita temui dalam varian masakan ala Barat, dimana kentang sering disajikan bersama steak atau daging panggang. Wujudnya tak selalu dalam bentuk kentang goreng, ada juga yang diolah menjadi kentang tumbuk/pure atau mashed potato.

Mashed potato barangkali masih sedikit asing bagi sebagian orang Indonesia, namun sesungguhnya olahan kentang jenis ini menawarkan sensasi nikmat yang berbeda ketika disantap dibanding sekedar kentang goreng. Kentang tumbuk yang lembut dan creamy begitu memanjakan lidah. Kita pun tak dibuat enek dengan minyak goreng yang berlebih.

Berikut ini adalah salah satu cara membuat mashed potato agar bisa lembut dan creamy:

Bahan:

  • Kentang 500 gr
  • Mentega 2 – 3 sdm
  • Susu cair 150 ml – 200 ml
  • Telur 3 butir, ambil bagian kuningnya saja
  • Garam dan merica secukupnya

Cara membuat:

  1. Pilih kentang yang berukuran besar dan berkualitas bagus. Kupas dan cuci di bawah air mengalir hingga bersih.
  2. Potong-potong kentang menjadi empat bagian agar nanti mudah ditumbuk. Rebus dalam air mendidih hingga lunak tapi jangan terlalu lembek. Kurang lebih butuh waktu 20 – 25 menit. Kentang bisa juga dikukus atau dipanggang beserta kulitnya agar kandungan airnya tidak terlalu banyak.  Tusuk kentang dengan garpu untuk memastikan tingkat kematangannya.
  3. Setelah lunak, tiriskan kentang. Siapkan kentang dalam wadah tersendiri. Selagi masih panas, tumbuk kentang bersama mentega hingga lembut dan tercampur sempurna.
  4. Panaskan susu cair, kemudian tuangkan ke dalam tumbukan kentang secara perlahan. Aduk hingga rata. Masukkan kuning telur di dalamnya, aduk lagi hingga tercapur sempurna. Suhu kentang dan susu yang masih panas akan turut mematangkan telur. Jangan lupa tambahkan garam dan merica secukupnya.
  5. Mashed potato siap dihidangkan bersama steak dan sayuran.

Anda bisa temukan banyak cara untuk membuat mashed potato yang lezat. Ada yang menambahkan bawang putih cincang dan rajangan selederi untuk memperkaya rasa, krim segar, dan sebagainya. Ada pula yang tidak menggunakan kuning telur di dalamnya. Tak ada salahnya untuk bereksperimen dan ciptakan resep mashed potato favorit anda sendiri.

 

November 2013

 


(Dilihat 33.223 kali, 52 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 13 November 2013 — 2:56 pm

1 Comment

Add a Comment
  1. cico jadi makin sayang ama aku karena bisa masak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved