KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Cara Membuat Sate Taichan

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Dalam kurun waktu satu tahun belakangan ini ada satu jenis kuliner yang sedang naik daun dan menjadi viral di mana-mana. Anda pun mungkin sudah tak asing lagi dengan namanya: Sate Taichan. Meskipun menyandang nama sate, penampilannya sangat berbeda dengan umumnya sate yang dikenal di Indonesia. Sate khas Indonesia identik dengan warnanya yang cokelat kehitaman, baik itu karena bumbu kacang atau kecal yang digunakan, maupun efek bakaran yang membuat daging kadang sedikit gosong. Bagi sebagian orang bagian sate yang agak gosong ini justru menjadi favorit karena memiliki aroma bakaran yang khas dan lebih garing saat disantap.

   (Sumber foto: kompas.com)

Sate Taichan memiliki tampilan dan rasa yang justru berkebalikan dengan yang disebutkan di atas. Warnanya putih pucat, dan disajikan dengan pendamping sambal cabai merah uleg. Citarasanya gurih dengan rasa asam yang lamat-lamat, dan pedas karena dipadukan dengan sambal cocolnya. Sate Taichan menggunakan bahan daging ayam dan bumbunya terbilang minimalis karena hanya mengandalkan lada, garam, dan jeruk nipis. Tak ada sama sekali campuran kecap atau sambal kacang. Itulah sebabnya Sate Taichan berwarna putih pucat saat dibakar. Proses pembakarannya pun tidak terlalu lama, cukup untuk mematangkan daging saja. Yang ingin dihasilkan adalah Sate Taichan yang dagingnya empuk dan tetap juicy. Efek gosong justru dihindari karena menimbulkan rasa pahit saat disantap. Beda dengan sate biasa yang sambal kacangnya bisa menutupi rasa pahit daging sate yang agak gosong.
Melihat cara mengolah dan bahan yang digunakan, Sate Taichan ini terlihat relatif lebih sehat dibanding sate biasa. Tak ada penggunaan bumbu yang berlebihan dan cara membakarnya benar-benar diperhatikan. Jika di kota anda belum ada tempat yang menjual Sate Taichan, anda bisa membuatnya sendiri di rumah.. Sate ini cara membuatnya cukup mudah dan bumbu yang dipakai pun sederhana. Berikut ini adalah Resep Sate Taichan yang bisa coba dipraktekan di rumah.

 

Bahan & Bumbu:

  • Dada ayam 2 potong. Buang kulitnya dan potong-potong ukuran dadu.
  • Garam 2 sdt
  • Merica bubuk 2 sdt
  • Jeruk nipis 2 buah
  • Tusuk sate

Bahan Sambal:

  • Cabai rawit merah 10 buah. Bisa juga ditambahkan cabai merah besar bila tidak ingin terlalu pedas
  • Tomat merah 1 buah
  • Bawang merah 5 siung
  • Bawang putih 3 siung
  • Garam dan gula pasir secukupnya

 

Cara membuat:

  1. Lumuri dada ayam yang sudah dipotong-potong dengan garam, merica, dan perasan jeruk nipis. Aduk-aduk, pastikan semua dilumuri secara merata. Diamkan kurang lebih 30 menit agar bumbu merasuk.
  2. Rangkai potongan daging dalam tusukan sate. Siapkan panggangan, jangan terlalu panas.
  3. Bakar sate ayam dengan panas kecil. Bolak-balik sampai matangnya merata. Jaga agar jangan sampai gosong, karena bisa menimbulkan rasa pahit saat disantap. Setelah matang, tiriskan.
  4. Cara membuat sambal: rebus cabai merah, tomat, bawang merah dan bawang putih. Setelah empuk kemudian diulek/dihaluskan dan ditumis hingga harum. Jangan lupa tambahkan garam dan gula pasir secukupnya.
  5. Hidangkan sate taichan dengan sambal cocolannya. Bisa dipadukan dengan lontong/ketupat atau nasi hangat.

 

(Dilihat 4.212 kali, 171 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 25 Februari 2017 — 5:00 am

1 Comment

Add a Comment
  1. wahh resep cara membuat sate taichan ini sangat mudah dipahami. artikel nya pun bagus. saya tunggu artikel resep berikutnya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved