KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Cara Mudah Membuat Ayam Goreng Saus Telur Asin (Salted-Egg Chicken)

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Beberapa waktu belakangan ini ada satu olahan ayam yang sedang banyak digemari, yakni Ayam Goreng Saus Telur Asin atau istilah kerennya Salted-Egg Chicken. Saus telur asin sebenarnya bukan hal yang baru, dan bisa banyak dijumpai di restoran-restoran yang menyajikan chinese food. Namun barangkali karena dikemas dengan promosi yang menarik, sekaligus memadukannya dengan bahan yang mudah diterima banyak kalangan –yakni ayam– menu yang satu ini menjadi semakin populer. Salah satu franchise ayam goreng terkenal dari Amerika bahkan ikut bereksperimen dengan mengeluarkan produk baru yang dipadukan dengan saus telur asin.

               (Ilustrasi: eatwhattonight.com)

Jika belum sempat mencoba kuliner hits yang satu ini jangan berkecil hati dulu, karena anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Ayam Saus Telur Asin sebenarnya cukup mudah dibuat dan bahan-bahannya pun bisa mudah dicari. Anda bisa memasukkan daun kari dalam sausnya untuk memberi aroma yang lebih sedap, atau cukup menambahkan cabai untuk menambah rasa pedas di dalamnya. Untuk menghasilkan saus yang lebih creamy, bisa ditambahkan juga susu cair. Berikut ini adalah resep atau cara membuat Ayam Saus Telur Asin (Salted-Egg Chicken) yang sangat mudah dan sederhana. Selamat mencoba!

 

Bahan:
– 3 dada ayam tanpa tulang. Potong-potong dadu
– 3 butir telur asin yang sudah direbus. Ambil kuning telurnya saja
– Tepung tapioka
– Susu cair
– 2 butir telur ayam
– 2 sdm mentega

Bumbu:
– 3 siung bawang putih. Cincang halus
– 2 batang daun bawang. Iris kecil-kecil
– 2 buah cabai merah besar keriting. Iris kecil-kecil (agak tipis)
– Garam dan merica secukupnya

 

Cara Membuat:
1. Dada ayam yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong dadu (potongannya jangan terlalu kecil) dibumbui lebih dulu dengan sedikit garam dan merica. Campur hingga merata ke semua potongan daging ayam.

2. Masukkan tepung ke ke piring atau mangkuk, kemudian bumbui juga dengan garam dan merica. Aduk-aduk hingga semua merata. Setelah itu kocok telur ayam dalam wadah terpisah.
3. Naluri ayam dengan tepung satu per satu, celupkan ke dalam kocokan telur, baluri lagi dengan tepung, lalu goreng. Goreng hingga kecokelatan, kemudian angkat dan tiriskan.
4. Untuk sausnya: Hancurkan lebih dulu kuning telur asin dalam mangkuk hingga halus. Bisa tambahkan sedikit susu atau air supaya bisa lebih mudah menghaluskannya. Tumis bawang putih cincang hingga harum, masukkan telur asin yang sudah dihaluskan, aduk rata. Tambahkan susu cair kira-kira setengah atau satu gelas kecil (bisa dikira-kira sendiri sesuai kekentalan yang diinginkan), masukkan juga cabai merah dan daun bawang yang sudah diiiris-iris. Tambahkan merica dan sedikit garam (jangan terlalu banyak karena kuning telurnya sudah asin), aduk semua hingga rata.
5. Siapkan ayam yang sudah digorenga di dalam piring, lalu siram atasnya dengan saus telur asin. Sajikan hangat.

 

(Dilihat 5.348 kali, 7 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 28 Maret 2018 — 6:13 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved