KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Cara Mudah Membuat Bothok Telur Asin

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Telur asin adalah contoh lauk yang cukup populer di Jawa. Relatif murah dan praktis karena biasanya dijual sudah dalam bentuk matang atau sudah direbus. Cara menikmatinya pun beragam. Ada yang disantap sebagai lauk pendamping pecel, atau yang sering dijumpai di Jawa Timur, sebagai teman setia makan rawon. Sebenarnya telur asin pun sudah cukup nikmat jika disantap begitu saja bersama nasi putih hangat. Memang tak semua telur asin berkualitas bagus. Kadang ada yang enggan makan telur asin karena bau amisnya yang terlalu kuat. Ada juga yang tak suka karena rasanya terlalu asin. Untuk yang tak terlalu suka terlalu asin karena beberapa faktor di atas, ada baiknya mencoba telur asin yabg sudah diolah menjadi masakan.

bothok-telur-asin-resep

                                      Bothok Telur Asin

Di beberapa restoran, ada yang menyajikan telur asin sebagai saus untuk masakan seafood atau ayam. Telur asin rebus dihancurkan lalu dimasak dengan bumbu tertentu. Atau bisa juga menikmati telur asin yang dimasak dalam bumbu rujak, pepes, atau bothok. Untuk yang terakhir ini yabg digunakan adalah telur asin yang masih mentah. Rasa dan aroma bumbu yang kuat bisa meminimalisir amis dari telur asin yang terbuat dari telur bebek. Namun begitu, kita tidak kehilangan ciri khas telur bebek dengan bagian kuning yang lebih menyala dan teksturnya yang cenderung padat.

Berikut ini adalah resep Bothok Telur Asin yang mudah dan bisa anda coba di rumah.

Bahan:

– Telur asin mentah 4 butir

– Tahu putih 2 buah. Dihancurkan / dilumat

– Daun pisang untuk membungkus

– Cabai merah besar 1 buah. Iris tipis menyerong

– Cabai hijau besar 1 buah. Iris tipis menyerong

– Cabai rawit 4 buah. Utuhkan

– Daun kemangi. Opsional, kalau tidak suka boleh dilewati

– Daun salam 4 lembar

Bumbu Halus:

– Bawang putih 4 siung

– Bawang merah 4 buah

– Kemiri 4 buah

– Kencur 1 cm

– Lengkuas 1 cm. Diparut

– Garam dan gula pasir secukupnya.

 

Cara Membuat:

  1. Campur tahu yang sudah dihancurkan dengan bumbu halus, santan, dan cabai merah/hijau yang sudah diiris tipis. Aduk hingga tercampur rata. Tes rasa apakah sudah pas manis dan gurihnya. Kalau perlu koreksi rasa agar tidak terlalu asin, karena nanti masih ditambahkan telur asin.
  2. Siapkan daun pisang untuk membungkus. Taruh daun salam di dalamnya, pecahkan telur asin mentah, lalu tambahkan dua sendok makan tahu yang telah dicampur bumbu. Beri cabai rawit utuh di atasnya dan daun kemangi sesuai selera. Bungkus rapat dengan menyematkan lidi.
  3. Kukus bothok telur asin hingga matang, selama kurang lebih 30 menit.
  4. Sajikan bothok telur asin dengan nasi hangat.

 

 

(Dilihat 826 kali, 39 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 18 Oktober 2016 — 9:45 am

1 Comment

Add a Comment
  1. Setahu saya bothok adalah salah satu jenis makanan tradisional yang cukup di kenal baik oleh masyarakat,khususnya di jawa tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved