KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Cara Mudah Membuat Mie di Rumah

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr
(Ilustrasi:  smartplanet.com)

(Ilustrasi: smartplanet.com)

Berbagai berita negatif tentang bahan pangan yang beredar di pasaran, dari soal pemakaian bahan kimia terlarang hingga daur ulang produk bekas, sedikit banyak memunculkan kekhawatiran akan keamanan produk makanan yang kita konsumsi. Mie sebagai salah satu bahan pangan terpopuler di Indonesia pun tak luput dari bahaya tersebut. Tentu tak semua mie yang beredar di pasaran berbahaya untuk dikonsumsi, hanya saja kita perlu jeli dalam memilih produk yang berkualitas.

Ada juga cara lain untuk memastikan kualitas mie yang akan kita santap, yakni dengan membuatnya sendiri di rumah. Selain bisa mengontrol higienitasnya, kita pun bisa menikmati mie yang benar-benar masih segar dan tentunya lebih.sehat. Cara membuat mie sendiri ternyata tak begitu rumit, bahan yang digunakan pun sederhana dan mudah ditemukan. Berikut ini adalah resep yang bisa dicoba:

Bahan:

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi. Tepung jenis ini biasanya akan membuat adonan mie lebih ulet dan tak mudah putus. Selain itu juga bisa tahan lama ketika direbus.
  • ± 2  sdt garam, Selain sebagai penambah rasa dan pengawet alami, garam juga berperan menambah tingkat keuletan mie. Untuk penggunaan garam, bisa dikombinasikan antara garam biasa dan garam alkali.
  • ± 150 ml air
  • ± 2 butir telur
  • 1-2 sdm minyak goreng

 

Cara membuat:

  1. Campur tepung dan garam hingga rata. Tambahkan telur, air dan sedikit minyak. Uleni hingga adonan menjadi kalis.
  2. Tempatkan adonan ke dalam baskom kecil, kemudian tutup dengan plastik bening. Cara lainnya adalah bungkus adonan dengan serbet yang bersih. Istirahatkan adonan, biarkan dalam suhu ruang selama kurang lebih 30 menit.
  3. Pipihkan adonan mie hingga rata dengan menggunakan gilingan kue (bila tidak punya bisa diakali dengan menggunakan botol sirup). Setelah itu baru giling adonan menggunakan mesin pembuat mie. Taburi adonan dengan tepung agar tidak lengket. Giling berulang kali hingga adonan lembut dan mencapai tingkat ketebalan yang diinginkan.
  4. Bila adonan dirasa sudah pas, alat penggiling bisa mulai diganti dengan pemotong mie. Masukkan adonan ke dalam mesin pemotong/pencetak mie, lalu putar penggiling perlahan. Agar hasilnya rapi, jangan tarik mie sebelum adonan selesai dipotong.
  5. Rebus mie dalam air mendidih, jaga agar tidak terlalu lembek.
  6. Mie buatan sendiri pun siap diolah menjadi aneka masakan seperti mie ayam, mie godog jawa, mie goreng udang, dll.

 

Februari 2014

 

(Dilihat 889 kali, 1 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 26 Februari 2014 — 5:15 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved