Cara Mudah Membuat Nasi Goreng Hongkong

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

*Kontributor: Adam Naufal Dzaky

Siapa sih yang tidak suka nasi goreng? Mulai dari anak-anak sampai dewasa pasti suka dengan hidangan ini. Tidak sulit menemukan nasi goreng, mulai dari nasi goreng abang-abang keliling, nasi goreng burjo, hingga nasi goreng kelas restoran tersedia untuk kita pilih dan santap. Tiap daerah di seluruh penjuru dunia mempunyai rasa khas dalam nasi gorengnya masing-masing. Seperti, di Indonesia kuat dengan rempah dan cabainya, atau mungkin seperti Jepang dengan rasa khas kecap asin jepang/shoyu dan mirinnya. Ada juga korea dengan nasi goreng kimchinya. Nah yang kali ini akan kita ulik resepnya yaitu nasi goreng ala Hongkong atau Yang Chow. Nasi goreng ini memiliki rasa bawang putih yang cukup kuat, sayuran yang bervariasi, dan beberapa bumbu lain dengan tambahan seafood. Berikut ini adalah resep nasi goreng Hongkong yang bisa anda coba di rumah.

Nasi Goreng Hongkong

Bahan (untuk 3 Sajian):
– 2 telur ayam, kocok
– 4 siung bawang putih, cincang
– 1/2 cup kacang polong
– 1 buah wortel, potong dadu
– 250 gram dada ayam matang, suir
– 1/2 cup udang mentah, kupas dan potong lebih kecil jika ukuran nya besar
– 3-4 porsi nasi
– 2 tangkai bawang daun, cincang
– Garam dan lada secukupnya
– Bumbu penyedap secukupnya (bisa dihilangkan)
– 1 sdm kecap manis
– 2-3 sdm kecap asin

Cara Memasak:
1. Panaskan wajan yang berisi minyak goreng, kemudian masak telur orak-arik, tambahkan garam dan lada secukupnya, sisihkan.
2. Masukkan bawang putih yang telah dicincang, masak sampai emas kecoklatan, sekitar 1 menit, kemudian tambahkan kacang polong dan wortel, masak selama 3-4 menit. Tambahkan udang yang telah dikupas, kemudian masak hingga berwarna kemerahan, kemudian tambahkan ayaam yang telah disuir dan telur orak-arik.
3. Jika nasi masih berbentuk gumpalan besar-besar, haluskan sampai terpisah. Tambahkan nasi ke wajan, aduk semua bumbu dan bahan hingga rata dengan kecap manis dan asin, tambahkan garam dan lada sesuai selera.
4. Hidangkan dengan topping tambahan bawang daun yang telah dicincang.

(Dilihat 53 kali, 16 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 10 April 2019 — 3:48 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *