KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Cara Mudah Membuat Steak Tempe

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Seandainya dibuat survei atau penelitian tentang makanan apa yang paling sering dikonsumsi orang Indonesia, barangkali tempe menempati posisi teratas. Murah, enak, bergizi, dan mudah diolah menjadi aneka jenis makanan adalah beberapa alasan kenapa tempe menjadi favorit banyak orang. Tempe menjadi makanan yang tak kenal batas strata sosial, siapa pun bisa menikmatinya. Tentunya ada banyak cara untuk mengolahnya, dari yang sekedar digoreng biasa, dibuat mendoan, tempe orek, bacem, hingga yang memadupadankannya dengan tradisi kuliner luar negeri.

Yang menarik, ternyata tempe tak hanya cocok untuk diolah menjadi aneka masakan tradisional. Dengan sedikit kreativitas, kita bisa menampilkan sisi lain tempe yang lebih modern dan kekinian dengan mengolahnya menjadi steak. Sebuah ide yang tentunya akan menambah referensi para penikmat makanan non-hewani. Tempe terlebih dulu dikukus, lantas dihaluskan dan dibentuk menjadi lingkaran pipih menyerupai potongan daging. Selanjutnya tempe tersebut bisa dipanggang atau digoreng, dan dipadukan dengan aneka saus sesuai selera, baik itu saus lada hitam, saus jamur, saus barbeque, atau yang lainnya. Untuk resep berikut ini, steak tempe coba dipadukan dengan kuah/saus yang digunakan dalam selat khas Solo. Ternyata rasanya juga tidak mengecewakan. Selain mudah dibuat, bahan-bahannya pun murah dan mudah didapat. Selamat mencoba.

 

 

Bahan Steak Tempe:
– Tempe 250 gr. Kukus terlebih dulu hingga matang
– Bawang putih 3 siung. Cincang halus
– Daun bawang 2 batang. Cincang halus
– Tepung maizena 1 sdm
– Garam 1/2 sdt
– Merica 1/2 sdt
– Pala bubuk 1/2 sdt
– Gula pasir 1/4 sdt

 

 

Bahan Pelengkap:
– Wortel 2 buah. Potong-potong kecil memanjang. Rebus. Tiriskan
– Buncis secukupnya. Potong-potong memanjang. Rebus. Tiriskan
– Kentang 3 buah. Potong-potong memanjang. Goreng dan tiriskan
– Tomat 3 buah. Potong-potong berbentuk lingkaran

 

 

Bahan Saus:
– Bawang putih 3 siung. Cincang halus
– Bawang bombay 1 buah. Iris tipis
– Gula merah
– Merica
– Tepung maizena
– Garam dan gula pasir secukupnya

 

 

Cara Membuat:

  1. Membuat steak tempe: tempe yang telah dikukus kemudian dihaluskan. Campur dengan tepung maizena, irisan daun bawang, dan bumbu-bumbu seperti bawang putih, pala, merica, gula dan garam. Aduk hingga semua tercampur rata. Setelah itu, bentuk adonan tempe menjadi bulatan-bulatan pipih. Goreng di atas wajan teflon dengan sedikit mentega. Bisa juga dipanggang. Setelah berwarna kecoklatan, angkat steak tempe dan tiriskan.
  2. Membuat saus: tumis bawang putih dan bawang bombay dengan mentega. Setelah harum masukkan air, disusul gula merah, garam, dan merica. Masak hingga mendidih dan kentalkan dengan larutan tepung maizena.
  3. Tata steak tempe, kentang goreng, dan sayuran pelengkap dalam piring saji. Bila suka, tambahkan telur mata sapi atau telur rebus yang dibelah dua. Siramkan saus selat di atasnya.

 

 

*Selain disajikan sebagai steak, tempe yang telah dicetak lingkaran pipih tadi juga bisa dibuat menjadi burger tempe. Untuk ini, roti bisa diganti dengan nasi yang dicetak lingkaran. Masakan sehat murah meriah

 

(Dilihat 559 kali, 24 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 7 April 2017 — 7:21 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved