KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Cokelat Monggo, Oleh-Oleh Khas Yogyakarta Bercitarasa Internasional

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Ketika ditanya soal oleh-oleh khas dari Yogyakarta, kebanyakan orang pasti akan menyebut bakpia, gaplek atau makanan tradisional lainnya. Tapi tahukah anda bahwa di Yogyakarta juga terdapat oleh-oleh khas dengan citarasa internasional? Cokelat Monggo mungkin sudah tidak asing bagi sebagian orang, namun untuk yang belum tahu ini adalah produk inovatif yang memadukan cokelat dengan aneka bahan lokal seperti durian, cabai, jahe, dll. Dalam beberapa tahun terakhir, Cokelat Monggo mulai menjadi oleh-oleh favorit para pelancong yang berkunjung ke Yogyakarta. Banyak pula yang kaget setelah tahu di Kota Pelajar ini terdapat produsen cokelat dengan kualitas unggul.

(sumber foto: chocolatemonggo.com)

                                                       (sumber foto: chocolatemonggo.com)

Berawal dari kekecewaan atas kualitas cokelat yang dijual di toko-toko di Indonesia, seorang pria asal Belgia yang tinggal di Yogyakarta bertekad untuk membuat produk cokelatnya sendiri. Rasa kecewa bercampur heran itu sangat beralasan mengingat Indonesia adalah salah satu produsen kakao terbesar di dunia. Singkat cerita, setelah beberapa tahun berupaya mengenalkan produknya, pria Belgia tersebut memutuskan untuk membangun pabrik cokelatnya sendiri pada tahun 2005. Dari sinilah brand Cokelat Monggo mulai dikenal luas oleh publik. Nama “Monggo”, yang dalam bahasa Indonesia berarti “silakan”, dipilih karena mudah diingat dan dianggap mewakili keramahtamahan ala budaya Jawa. Tempat produksi Cokelat Monggo pun berlokasi di Kotagede, salah satu wilayah di Yogyakarta yang cukup kental nuansa historisnya.

Bahan-bahan yang digunakan berkualitas premium karena sang pemilik memang ingin menunjukkan bahwa Indonesia juga bisa menghasilkan olahan cokelat berkualitas tinggi. Biji kakao pilihan diperoleh dari beberapa perkebunan di Indonesia, seperti di Jawa, Sumatra dan Sulawesi. Selain pada kualitas cokelatnya sendiri, keunggulan Cokelat Monggo terletak pada varian rasa yang mungkin takkan ditemui pada produk cokelat lain, seperti Red Chili, Orange Peel, Macadamia, Jahe, Mangga, Pala, Marzipan, Strawberry dan Durian.

Tentu ada juga varian lain yang terdengar lebih familiar seperti Raisin, Cashew Nuts, Dark, Praline, Caramello, Milk 41% Cocoa, dan White Chocolate. Bentuk cokelat yang dijual pun beragam, ada cokelat batang, cokelat papan dan praline. Yang lebih menarik lagi, Cokelat Monggo turut melayani pesanan pribadi sehingga bentuk dan rasanya bisa disesuaikan dengan keinginan pemesan.

Pembeli bisa berbelanja sekaligus melihat proses pembuatan Cokelat Monggo secara langsung dengan berkunjung ke pabriknya di Kotagede. Jika beruntung, pembeli bisa memperoleh Cokelat Monggo dengan harga yang lebih miring. Selain di Yogyakarta, Cokelat Monggo sudah memiliki showroom di beberapa kota besar seperti Bandung dan Jakarta. Untuk selanjutnya, Cokelat Monggo berencana melanjutkan ekpansi ke luar Pulau Jawa. Bukan hal yang mustahil kalau cokelat ini nantinya juga bisa ekspansi ke luar negeri dan dikenal dunia sebagai cokelat khas Indonesia.

 

Lokasi Cokelat Monggo

Showroom & Factory: Jl. Dalem KG III/ 978, Purbayan, Kotagede, Yogyakarta

Showroom: Jl. Tirtodipuran No. 10, Mantrijeron, Yogyakarta

Showroom: Paris Van Java Mall, Resort Level D-27A, Bandung

Showroom: Jl. Kemang 1 no. 72 D3, Kemang, Jakarta Selatan

 

(Dilihat 467 kali, 3 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 9 Januari 2015 — 6:50 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved