KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Dirundung Nikmat Bihun Bebek Medan di Pagi Hari

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Sebagai salah satu surganya makanan enak di Indonesia, kekayaan kuliner Medan seolah tak ada habisnya untuk dieksplorasi. Dari kuliner tradisional batak, masakan minang, masakan peranakan India, China, hingga Eropa bisa ditemukan di kota ini. Kali ini ada menu sarapan khas Medan yang menarik untuk diangkat: bihun bebek. Sebagian orang mungkin berpendapat ini adalah menu yang terlampau berat untuk memulai hari, namun di kota ini bihun bebek adalah salah satu makanan pagi yang paling digemari.

bihun bebek medan

(Foto: detik.com)

Kuahnya yang kaya rempah dan menggunakan ginseng dipercaya berkhasiat untuk kesehatan. Kuah jenis ini langsung menimbulkan rasa nyaman pada suapan pertama dan mengkondisikan tubuh untuk menerima rentetan suapan berikutnya. Daging bebeknya lunak dan tidak terlihat berlemak seperti yang biasa dijumpai saat menyantap bebek goreng atau bakar. Pun tak ada bau khas bebek yang menyengat. Minimalisasi lemak pada daging dan bumbu yang digunakan agaknya berhasil mentransformasi daging bebek menjadi hidangan berkuah yang memikat.

Dari segi penyajian saja, bihun bebek ini sudah mampu membangkitkan selera makan. Irisan daging bebek berukuran besar dan jumlahnya cukup banyak disusun di atas bihun yang sudah direbus. Pelengkapnya adalah sawo rebus, irisan daun bawang, daun seledri, dan bawang putih cincang yang digoreng garing. Tak lupa sedikit siraman minyak wijen untuk memberi aroma sedap pada bihun. Daging bebek yang teksturnya padat cocok dipadu dengan bihun yang terasa lebih ringan disantap dibandingkan nasi atau mie.

Bihun bebek di Medan umumnya menggunakan dua macam kuah, yang berbasis herbal dan yang murni mengandalkan kaldu bebek. Kuah kaldu bebek biasanya berwarna agak keruh, menandakan ketebalan rasa yang diusung. Membuat kuah kaldu bebek ini tentu bukan hal mudah mengingat bau amis bebek yang lebih menyengat daripada ayam. Untuk menghasilkan kuah kaldu yang tebal dan citarasa yang kaya tentunya juga memerlukan bahan yang tidak sedikit Barangkali kerumitan dalam pengolahannya ini pula yang membuat bihun bebek memiliki harga jual relatif tinggi. Tapi toh faktor harga tetap tak menyurutkan minat para penikmatnya.

Di Medan ada beberapa tempat yang terkenal dengan sajian bihin bebeknya. Salah satu yang legendaris adalah Bihun Bebek Asie. Tempat ini memadukan bihun bebek dengan kuah kaldu yang tebal dan gurih. Konon Bihun Bebek Asie sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan sudah mendapatkan tempat tersendiri di hati para pelanggannya. Tempat lain yang juga cukup populer adalah Bihun Bebek Amin, biasa juga disebut Bihun Bebek Bangka karena berlokasiĀ  di Jl. Bangka, Medan. Kedai bihun bebek rata-rata buka pagi hingga siang hari. Bila tak ingin kehabisan, pastikan datang sebelum jam makan siang tiba.

 

Bihun Bebek Amin

Jl. Bangka No. 102/108 Kuliner Medan

Telp: (061) 4517220

Bihun Bebek Asie (Kedai Kopi Kumango)

Jl. Kumango (belakang kantor Analisa)

 

 

(Dilihat 486 kali, 4 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 19 April 2016 — 4:49 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved