KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Enting-Enting Gepuk, Oleh-Oleh Khas dari Salatiga

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Enting-Enting Gepuk khas Salatiga (cikalgading.com)

Enting-Enting Gepuk adalah makanan kecil khas Salatiga yang terbuat dari bahan dasar kacang tanah. Kacang tanah yang telah dikupas disangrai terlebih dahulu. Kacang  yang telah dicampur dengan cairan gula kental (karamel) kemudian digepuk atau dipukul-pukul/ditumbuk hingga halus dan semua bahan benar-benar menyatu. Sebagian rumah produksi masih memakai alat tradisional berupa kayu sawo untuk menggepuk/menghaluskan kacang, tapi ada juga yang sudah menggunakan blender agar menghemat waktu dan tenaga. Yang pasti, proses penghalusannya harus dijaga betul supaya kacang tidak mengeluarkan minyak sehingga memebuatnya tidak tahan lama.

Tumbukan kacang dan gula kemudian dibentuk menjadi prisma segitiga dan dibungkus kecil-kecil dengan kertas khusus (semacam kertas minyak). Karena hanya mengandalkan bahan alami, Enting-Enting Gepuk tidak bisa bertahan lama seperti layaknya makanan kemasan modern yang banyak di pasaran. Biasanya kualitas Enting-Enting Gepuk masih terjaga hingga kurang lebih 6 bulan setelah proses pembuatan, dengan syarat tak boleh terpapar sinar matahari langsung secara terus-menerus.

Rasa Enting-Enting Gepuk dominan manis, dengan sedikit tendangan rasa gurih yang berasal dari kacang. Begitu dibuka bungkusnya, tekstur enting-enting terlihat padat membentuk satu prisma utuh. Namun ketika dimakan anda akan menemukan sensasi yang berbeda. Bangun prisma segitiga tersebut serta merta runtuh begitu digigit dan yang tersisa adalah remah-remah halus perpaduan gula dan kacang. Prisma tersebut hanya mengeras di bagian luarnya saja, sementara  dalamnya tetap rapuh.

Tingkers – varian baru Enting-Enting Gepuk Salatiga (kotasalatiga.com)

Enting-Enting Gepuk dijual dalam beberapa ukuran kemasan. Untuk kemasan kecil biasanya terdapat 10 biji Enting-Enting Gepuk. Sementara ukuran besarnya berisikan 5 kemasan kecil (masing-masing berisi 10 biji). Enting-Enting Gepuk kebanyakan diproduksi dalam skala industri rumah tangga dan masih dengan cara tradisional. Ada banyak produsen Enting-Enting Gepuk di Salatiga dan mereka memiliki ciri khas masing-masing. Salah satu yang terkenal adalah Enting- Enting Gepuk cap “Klenteng & 2 Holo”. Anda bahkan bisa bertandang ke tempat produksinya di Jl. Kali Bodri no. 37, Salatiga, untuk mengamati proses pembuatan sekaligus mencicipi enting-enting yang baru selesai dibuat. Tentu rasanya akan berkali lipat lebih nikmat karena masih fresh.

Tiap daerah pasti memiliki oleh-oleh khas yang menjadi identitas atau penanda kota tersebut. Demikian halnya Salatiga yang sangat identik dengan Enting-Enting Gepuknya yang khas. Meskipun pernah dibuat versi kemasan modernnya oleh salah satu produsen makanan besar di Indonesia, rasa tradisional Enting-Enting Gepuk Salatiga tetap tak tertandingi.  Berkunjung ke kota kecil di kaki Gunung Merbabu ini rasanya tak lengkap jika tak membeli Enting-Enting Gepuk sebagai oleh-oleh,  Tiap toko oleh-oleh di Salatiga pasti menjajakan Enting-Enting Gepuk ini, dengan merek yang beraneka ragam.

Berikut ini adalah beberapa produsen Enting-Enting Gepuk yang bisa anda jumpai di Salatiga:

Enting- Enting Gepuk “Klenteng & 2 Holo”

Jl. Kali Bodri no. 37, Salatiga, Telp (0298) 323841

Enting – Enting Gepuk “Arya Mas”

Jl. Abdul Amin I No.1 Pengilon, Salatiga. Telp. (0298 ) 325528

Enting – Enting Gepuk “Naga Mas”

Jl.Semeru 17, Salatiga

Enting – Enting Gepuk “Dua Naga”

Jl.Kemuning, Salatiga

Enting – Enting Gepuk “Dua Pohon Kelapa” (KIOS UJUNG)

Jl.Tirtoyoso 56/18 Nanggulan, Salatiga

Mei 2013
*Sumber Foto: cikalgading.com & kotasalatiga.com

 

 

(Dilihat 6.714 kali, 78 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 23 Mei 2013 — 4:09 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved