KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Gecok Kambing Karanganyar – Tuntang, Salatiga

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Gecok Kambing Karanganyar Tuntang – Salatiga

Di tiap kota selalu bisa kita temui makanan khas yang menjadi semacam penanda atau identitas kuliner daerah tersebut. Namun begitu, tidak semua kota/ daerah memiliki tradisi kuliner yang begitu hidup. Beruntung di Salatiga, sebuah kota kecil di jawa Tengah, kita masih bisa menyaksikan geliat kuliner tradisionalnya. Jenis kuliner Salatiga memang tak sevariatif di kota-kota besar, namun dari segi kualitas rasa sama sekali tak bisa dipandang remeh. 

Salah satu kuliner unik Salatiga yang masih terjaga kelestariannya adalah Gecok Kambing. Ini adalah sejenis olahan kambing yang kaya akan rempah dan citarasanya sangat kuat. Karena itu pula sebagian orang juga menyebut masakan ini sebagai jamu. Penjual Gecok Kambing kebanyakan berada di pinggiran Salatiga, terutama daerah Tuntang yang terkenal sebagai sentra kuliner Gecok Kambing.

Gecok Kambing yang masih dalam panci masak

Kali ini Kabar Kuliner mencoba olahan Gecok dari sebuah warung yang letaknya agak tersembunyi di daerah desa Karang Anyar Tuntang. Warungnya pun seperti rumah penduduk biasa, di bangunan tersebut bahkan tidak ada spanduk atau keterangan jelas yang menunjukkan bahwa ini adalah warung Gecok Kambing. Untungnya di pinggir jalan utama desa ada papan petunjuk yang menjadi penanda lokasi warung.

Gecok Kambing di warung ini cenderung lebih ringan aroma dan rasa rempahnya. Warnanya pun tidak sepekat Gecok lain yang biasanya memiliki kuah agak kehitaman. Sengatan bumbunya tidak terlalu kuat di lidah, dan karenanya mungkin cocok bagi pemula yang ingin menjajal Gecok untuk pertama kali. Isinya menggunakan bagian kaki, iga, hingga kepala kambing. Jika masakannya masih banyak, anda bisa memilih bagian kambing yang anda inginkan. Dagingnya masih agak melawan ketika digigit, tapi masih bisa ditoleransi. Dari segi harga, Gecok Kambing disini masih terbilang murah, hanya Rp10.000,- /porsi (harga bulan April 2013).

Papan penunjuk lokasi Warung Gecok Karanganyar, Tuntang – Salatiga. Dari jalan utama desa masuk ke gang sekitar 20 m

Penampakan Warung Gecok Kambing Karanganyar, Tuntang – Salatiga. Benar-benar terlihat seperti rumah penduduk biasa, tidak ada penanda di warungnya

Warung Gecok Kambing Karanganyar Tuntang ini buka dari jam 11.00. Tapi jika ingin singgah jangan datang terlalu sore, karena masakannya cepat habis diserbu pelanggan. Untuk menuju ke lokasi, dari jalan raya Salatiga-Semarang anda bisa ambil jalan masuk menuju Tlogo Plantation yang tepat berada di sisi jembatan Tuntang. Dari jalan raya perjalanan masuknya cukup jauh, mungkin sekitar 1 km. Telusuri saja jalan utama desa hingga anda menemui petunjuk Warung Gecok Karanganyar di sisi kiri jalan. Jika masih kesulitan, cara paling mudah adalah dengan bertanya penduduk sekitar.

Buka jam 11.00 – habis

Lokasi: Desa Karanganyar, Tuntang – Salatiga

April 2013

(Dilihat 6.809 kali, 4 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 17 April 2013 — 7:51 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved