KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Gendar Pecel, Kuliner Ndeso khas Jawa Tengah yang Nyaris Punah

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr
Gendar Pecel

Gendar Pecel

Gendar Pecel adalah makanan tradisional murah meriah yang cukup populer di Salatiga, Boyolali, dan Solo. Seperti halnya Jenang Pecel, Gendar Pecel juga merupakan salah satu bentuk inovasi olahan pecel sayuran. Aneka sayuran berbalut bumbu kacang disajikan bersama gendar, olahan nasi semacam lontong tetapi dengan tekstur yang jauh lebih kenyal dan rasa gurih. Sayuran dalam Gendar Pecel bisa bervariasi, tergantung selera dan ketersediaan. Yang sering digunakan antara lain: jembak (selada air), kecambah, kenikir, kecipir, bunga turi, kol, bayam, dan daun adas (sayuran khas dari Boyolali dan Salatiga). Gendar Pecel biasanya dijajakan di pasar-pasar tradisional maupun keliling perkampungan.

Di Boyolali Gendar Pecel masih bisa dijumpai di lokasi wisata pemandian dan pemancingan Tlatar. Tempat ini sangat populer dengan pecel jembaknya, disajikan dalam pincuk daun pisang. Gendar Pecel di Salatiga juga mempunyai ciri khasnya sendiri, yakni diberi tambahan bongko. Bongko terbuat dari bahan dasar kacang tolo dan kelapa parut. Bahan-bahan tersebut dibumbui, dibungkus kecil-kecil dengan daun pisang, kemudian dikukus. Kehadiran bongko dalam Gendar Pecel memberi tendangan rasa gurih yang menawan ketika disantap. Bongko ini sifatnya opsional, jadi anda bisa pun bisa memilih untuk tidak menambahkannya ke dalam Gendar Pecel.

Gendar yang kenyal dan gurih dipadukan dengan pecel sayuran

Gendar yang kenyal dan gurih dipadukan dengan pecel sayuran

Aneka sayuran untuk Gendar Pecel. Ada bunga turi, kecipir, jembak (selada air), dan kecambah.

Aneka sayuran untuk Gendar Pecel. Ada bunga turi, kecipir, jembak (selada air), dan kecambah.

Sayangnya penjual Gendar Pecel kini mulai sulit dijumpai. Di pasar-pasar tradisional mungkin hanya terdapat satu-dua penjual Gendar Pecel saja. Warung-warung makan agaknya kurang berminat menjadikan kuliner ndeso ini sebagai menu utama, barangkali karena pembuatan gendar yang memang agak merepotkan. Untuk ini ada catatan khusus bagi salah satu warung soto kondang di seputaran alun-alun Salatiga (Lapangan Pancasila) yang turut menyediakan Gendar Pecel sebagai salah satu menu utama. Gendar pecel disini meski tampilannya lebih mriyayeni, tapi rasa sedap bumbunya tak kalah otentik dari Gendar Pecel yang dulu sering dijual mbok-mbok di pasar.

Jika sulit menjumpai penjual Gendar Pecel di tempat anda, membuatnya sendiri di rumah tidaklah terlampau sulit. Berikut ini adalah cara membuatnya: Resep Masakan Tradisional Gendar Pecel.

Juni 2013

(Dilihat 8.235 kali, 66 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 17 Juni 2013 — 5:21 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved