KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Gethuk Cassava dan Keripik Singkong Presto Salatiga

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr
Gethuk Cassava Salatiga

Gethuk Cassava Salatiga

Popularitas Gethuk Kethek di Salatiga tampaknya turut membawa berkah bagi usaha kuliner serupa. Sekarang mulai bermunculan produk gethuk yang tampilannya mirip dengan Gethuk Kethek, baik dari yang memiliki merek sendiri maupun yang dijual kemasan tanpa merek di pasar atau toko-toko kue. Salah satu merek gethuk Salatiga yang sedang naik daun adalah Gethuk Cassava. 

Dari segi rasa dan tampilan, Gethuk Cassava tak jauh beda dari Gethuk Kethek. Gethuk Cassava juga terbuat dari bahan singkong pilihan, kelapa parut, gula, garam, dan essence vanili untuk menambah citarasa dan aroma. Singkong dikukus dan ditumbuk halus bersama dengan bahan-bahan lainnya. Adonan gethuk lantas dicetak membentuk balok-balok kecil.

Kemasan dus kecil Gethuk Cassava

Kemasan dus kecil Gethuk Cassava

Gethuk Cassava diolah tanpa bahan pewarna sehingga  warna putihnya pun orisinal dari warna singkong. Tak ada tambahan bahan pengawet dalam gethuk. Akibatnya gethuk ini tak akan bisa bertahan lama di suhu ruang. Jika tak langsung habis dimakan,  gethuk lebih baik disimpan dalam kulkas agar lebih awet. Ini sesuai dengan saran yang tertulis pada kotak pembungkus. Dengan cara ini Gethuk Cassava bisa tahan lebih dari satu hari. Untuk menikmatinya, gethuk yang beku tinggal digoreng. Rasa gethuk goreng ini tak kalah nikmat dengan rasa orisinalnya. Renyah di luar, namun tetap lembut di dalam. Satu hal yang barangkali membedakan Gethuk Cassava dengan Gethuk Kethek adalah aroma dan rasa vanilinya yang  agak lebih kuat.

Dari segi pemasaran, Gethuk Cassava sebenarnya lebih inovatif. Di kala kompetitornya hanya mengandalkan penjualan di tempat, Gethuk Cassava sudah lebih aktif berpromosi di berbagai instansi maupun dari rumah ke rumah. Kemasannya lebih modern dengan menggunakan dus kecil bertuliskan nama produk, sementara yang lain masih berbungkus daun pisang. Satu dus kecil yang berisi 10 buah Gethuk Cassava dihargai Rp6.000,- (harga Juni 2013 dan bisa berubah sewaktu-waktu).

Keripik singkong presto produksi Cassava - Salatiga

Keripik singkong presto produksi Cassava – Salatiga (Foto: www.ya-aya.com)

Selain itu, pemilik Gethuk Cassava juga melakukan inovasi dengan turut memproduksi keripik singkong presto yang sekarang sudah mulai banyak digemari orang. Ukurannya lebih tebal daripada keripik singkong biasa, namun ketika digigit terasa empuk dan renyah. Keunggulan lainnya adalah keripik singkong ini tidak berminyak dan rasa gurihnya terasa lebih menonjol. Orang dari luar Kota Salatiga tak jarang memesan keripik singkong presto produksi Cassava ini dalam partai besar untuk dijual lagi maupun dikonsumsi sendiri.

Keberadaan Gethuk Cassava beserta singkong prestonya kini menjadi alternatif oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke Salatiga. Penggemar gethuk khas Salatiga pun mendapat referensi tambahan sehingga tak perlu khawatir harus berebut atau antre lama di satu tempat untuk menikmatinya. Masing-masing punya selera sendiri, silakan anda pilih yang mana.

Buka: pagi – sore
Lokasi: Jl. Argotunggal, Kelurahan Ledok, Kecamatan Argomulyo, Salatiga. Lampu merah pertigaan ABC, arah ke SMP 8 Salatiga. Lokasi dekat dengan Gethuk Kethek

 

Juni 2013

 

 

(Dilihat 9.916 kali, 19 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 16 Juni 2013 — 3:05 pm

4 Comments

Add a Comment
  1. emang bener2 renyah, salut sama yang menciptakan produk ini 🙂

  2. Emang bener enak tu kripiknya.. dl langganan beli pas masih disalatiga.. klo kripik prestonya gk bs dibeli online? Pnya no tlp cassava?

  3. Mau pesan gmn caranya yaah…

  4. Sangat inovatif banget Boss!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved