KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Gudeg Koyor Bu Jono Reksa – Salatiga

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Nasi Gudeg Koyor Reksa / Bu Jono

Bicara tentang kuliner enak di Salatiga, anda tak boleh melewatkan hidangan istimewa yang satu ini: gudeg koyor Bu Jono atau yang lebih dikenal dengan sebutan gudeg koyor Reksa. Disebut demikian karena lokasi warungnya memang terletak di belakang eks gedung bioskop Reksa, salah satu landmark Kota Salatiga. Untuk ke warung ini anda perlu melewati dulu jalan masuk menuju eks gedung bioskop. Sampai di depan gedung ada percabangan dua jalan kecil, disini anda bisa ke belok kiri. Warung Bu Jono tepat ada di pojokan gang.

Di Salatiga banyak yang menjajakan menu gudeg koyor, namun di Warung Bu Jono ini koyornya sangat istimewa. Koyor (otot sapi) yang digunakan termasuk pilihan, teksturnya lebih padat dan tak terlalu berlemak. Koyor dimasak semacam gulai ala Padang dengan kuah santan pekat berwarna kekuningan. Di dalamnya juga disertakan cabai rawit utuh yang bisa digerus sendiri jika ingin menambahkan rasa pedas. Sebenarnya dulu rasa pedas gulai koyor Reksa sudah mantap tanpa harus menggerus cabai rawit sekalipun. Tapi sekarang agaknya sengaja dikurangi untuk menyesuaikan selera pembeli yang tak terlalu suka pedas.

Gulai Koyor Reksa

Pembeli bisa memesan khusus menu gulai koyornya saja, tapi lebih istimewa lagi kalau disandingkan dengan nasi gudeg krecek. Agar lebih puas menikmati gulai koyor berikut kuahnya yang gurih, anda bisa memesannya terpisah dari nasi. Satu piring berisi nasi gudeg krecek, dan satu piring lagi berisi gulai koyor Reksa yang menggoda selera. Biasanya di atas gulai koyor disiramkan sedikit kuah opor dan rendang. Koyornya yang empuk dibalut rasa gurih dan pedas dari kuahnya yang pekat, benar-benar menggoyang lidah.

Berbagai macam menu di Warung Bu Jono Reksa. Ada gulai koyor, rendang daging/hati sapi, opor ayam, sambal goreng kutuk (ikan gabus), ayam goreng, dll.

Warung Bu Jono Reksa juga menyediakan berbagai macam menu lain yang wajib dicoba seperti: ayam goreng, opor ayam/ telur, sambal goreng kutuk (ikan gabus), rendang daging dan hati sapi, opor ayam / telur, pecel, dan nasi rames. Menu yang ditawarkan rasanya tak ada yang mengecewakan, sayang jika dilewatkan.

Ayam Goreng Reksa

Ayam goreng disini menjadi favorit banyak pelanggan. Rasanya istimewa, ditambahi taburan bumbu yang membuatnya makin terasa gurih. Rendangnya agak berbeda dengan versi Padang karena ada sedikit sentuhan rasa manisnya. Barangkali memang disesuaikan dengan lidah orang Jawa. Menikmati hidangan gudeg koyor reksa atau yang lainnya makin terasa lengkap jika ditemani minuman es kacang hijau yang menyegarkan. Selamat mencoba!!

 

Februari 2013

Jam buka: 09.00 – siang (sampai habis)

Lokasi: Jl. Jend. Sudriman. Di belakang bekas gedung bioskop Reksa, dekat supermarket Niki Baru. Susuri jalan masuk ke gedung bioskop >> sampai depan gedung ada percabangan jalan kecil, belok kiri. Warung gudeg koyor Bu Jono ada tepat di pojok gang.     

(Dilihat 2.786 kali, 13 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 2 Maret 2013 — 3:48 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved