KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Gudeg Miroso Ibu Hj. Sukini – Salatiga

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Gudeg koyor Bu Sukini, Pasar Sapi – Salatiga

Bicara soal kuliner khas Salatiga, tentunya anda tak akan melewatkan menu yang satu ini: gudeg koyor. Gudeg memang identik dengan Jogja, tapi untuk menu gudeg koyor Salatiga adalah jagonya. Banyak warung makan di Salatiga yang menyediakan menu gudeg koyor, salah satu yang cukup terkenal adalah warung gudeg Miroso milik Ibu Hj. Sukini yang bertempat di bagian dalam kompleks Pasar Sapi Lama. Para pelanggannya lebih akrab dengan sebutan Gudeg Sukini atau Gudeg Pasar Sapi.

Koyor (urat / otot sapi) yang menjadi pendamping gudeg dimasak dengan kuah bersantan yang lebih menonjolkan rasa manis-gurih dan pedas. Orang setempat menyebutnya sambal goreng koyor. Koyor yang telah dipotong-potong agak kecil ditaruh di atas nasi gudeg + daun singkong, kemudian disiram dengan kuah pedasnya. Jika ingin citarasa yang lebih gurih, kuah opor bisa disiramkan juga di atas gudeg.

Menu pendamping nasi gudeg Bu Sukini

Jika tak terlalu suka koyor, anda bisa mengkombinasikan gudeg dengan menu lain seperti sambal goreng krecek, opor ayam, telur, dan usus ayam yang dibentuk bola-bola agak besar. Apapun lauk pendampingnya nasi gudeg Bu Sukini tetap terasa lezat. Tak heran jika penggemarnya banyak, dari masyarakat biasa, pejabat, hingga selebritas kondang macam Rudy Salam.

Gudeg Sukini letaknya memang agak tersembunyi. Warungnya sederhana, hanya menempati kios kecil di dalam pasar. Untuk masuk ke dalam pasar pun butuh perjuangan karena seringkali harus berbagi jalan dengan angkutan umum (bis kecil dan angkot) yang berseliweran di area pasar. Untungnya kompleks Pasar Sapi letaknya sangat strategis, di pinggir jalan utama antar kota, sehingga pengunjung luar kota dari arah Solo, Semarang ataupun Magelang bisa menemukannya dengan mudah.

Jam buka: 06:00 – 17:00 WIB

Lokasi: Pasar Sapi Lama E123, Salatiga (masuk lewat pintu utara)

 

Februari 2013

*Sumber gambar: www.pesonanegeri.com

(Dilihat 4.681 kali, 24 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 7 Februari 2013 — 5:53 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved