KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Gulai Kepala Ikan Mas Agus – Cabang Salatiga

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Gulai Kepala Ikan Kakap Mas Agus

Gulai Kepala Ikan Nikmat Rendah Kolesterol

Bagi para penggemar masakan gulai kepala ikan ada tempat yang wajib dikunjungi: Warung Gulai Kepala Ikan Mas Agus. Warung ini sebenarnya adalah usaha waralaba yang telah berkembang di berbagai kota. Usaha ini dirintis oleh suami-istri Agus dan Liesmia Harmanto sejak awal tahun 2010.  Sekarang terdapat kurang lebih 32 cabang yang tersebar di seluruh Pulau Jawa. Beberapa di antaranya ada di Solo, Yogyakarta, Surabaya, Kediri, Salatiga, Boyolali, Jakarta, Jember, dll. Untuk cabang Salatiga lokasinya ada di Blotongan, di pinggir jalan raya Salatiga-Semarang.

Lokasi Warung Gulai Kepala Ikan Kakap Mas Agus

Gulai kepala ikan Mas Agus ini bisa jadi pilihan tepat bagi mereka yang menyukai makanan sehat rendah kolesterol karena beberapa alasan. Pertama, ikan adalah sumber omega 3 yang sangat baik untuk tubuh. Kedua, kepala ikan kakap dimasak gulai tanpa menggunakan santan. Meski begitu rasa gulainya tetap mantap berkat rempah-rempah yang ada di dalamnya. Rempah-rempah tersebut juga berperan menghilangkan bau amis ikan. Di warung ini kita bisa menikmati gulai kepala ikan dengan kuah yang ringan menyegarkan, berbeda dengan gulai kepala ikan Padang yang berkuah santan kental.

Gulai kepala ikan Mas Agus juga unik karena disajikan berikut tulang ikannya. Alhasil piring saji terlihat penuh dengan satu ekor ikan, meski bagian badannya hanya berupa tulang dan sedikit daging yang menempel. Tapi justru disinilah asyiknya, menikmati gulai kepala ikan layaknya sedang menyantap tengkleng (masakan khas Solo dengan bahan tulang kambing). Ikan dinikmati setahap demi setahap, mulai dari bagian ekor kemudian mengarah ke kepala. Tulang yang besar dicabut kemudian disesap untuk diambil dagingnya, begitu seterusnya hingga bagian kepala. Jangan lupa sesekali menyeruput kuah gulainya yang menyegarkan.

Daftar Menu di Warung Gulai Ikan Kepala Mas Agus

Usaha kuliner Mas Agus ini memang memanfaatkan bagian tubuh ikan yang tak terpakai di pabrik pengolahan ikan. Fillet ikannya diekspor ke luar negeri dalam bentuk beku, sementara kepala dan tulangnya dikirim ke berbagai cabang Warung Gulai Ikan Kepala Ikan Mas Agus. Selain gulai kepala ikan kakap tersedia juga menu lain seperti: tomyam kepala ikan kakap, gulai ikan patin, dagu ikan goreng, kakap fillet goreng, dll.

 

Lokasi: Jl. Fatmawati No. 24 Blotongan, Salatiga

Lokasi cabang Warung Gulai Kepala Ikan Mas Agus di beberapa kota lain:

Jl. Perintis Kemerdekaan No. 18, Solo

Jl. KH Ahmad Dahlan No.77 Yogyakarta

Jl. KH Wahid Hasyim 8B Menteng, Jakarta Pusat

Jalan Lebak Bulus I, Jakarta Selatan

Jl. M Hasibuan, Bekasi Barat

 

Februari 2013

 

(Dilihat 3.295 kali, 5 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 4 Maret 2013 — 4:12 pm

1 Comment

Add a Comment
  1. kpn” klo mudik aku mau makan di situ yach mas….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved