KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Kesegaran Asem-Asem Daging “Koh Liem” yang Legendaris – Semarang

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr
Suasana di dalam Warung Asem-Asem Koh Liem, Semarang (foto: semarang.yogyes.com)

Suasana di dalam Warung Asem-Asem Koh Liem, Semarang (foto: semarang.yogyes.com)

Masakan daging dengan citarasa rempah yang kuat dan kuah santan yang mlekoh menjadi hal yang lazim dijumpai di Indonesia. Kebanyakan masakan tersebut umumnya menonjolkan rasa asin, manis, dan pedas. Sebut saja gulai, tongseng, empal gentong, soto, sop, semur, dan rendang. Selain itu ada juga yang diproses secara lebih sederhana dengan teknik goreng ataupun bakar.

Bila bosan dengan jenis masakan tersebut atau ingin mengeksplorasi lebih jauh olahan daging dengan citarasa yang unik, anda bisa mencoba mencicipi menu Asem-Asem Daging yang dijual di warung makan milik Piek Swie Liem atau Koh Liem di Jl. Karanganyar, Semarang. Lokasinya berdekatan dengan SMA Kolese Loyola Semarang. Warung Makan Asem-Asem Koh Liem ini cukup kondang dan tentunya tak asing lagi bagi para pecinta kuliner Semarang karena sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Sesuai namanya, Asem-Asem Daging memiliki citarasa asam yang menyegarkan.

Rasanya akan segera mengingatkan kita pada sayur asem, tapi dengan rasa pedas yang lebih menggigit. Tidak hanya itu, bila cukup cermat anda juga akan menemukan rasa manis dan gurih yang lamat-lamat. Karena tidak menggunakan santan, Asem-Asem Daging  terasa ringan ketika disantap. Para pecinta masakan sehat pun bisa memasukkan menu ini ke dalam daftar favorit mereka.

Asem-Asem Daging Koh Liem dan beberapa menu pelengkap (foto: semarang.yogyes.com)

Asem-Asem Daging Koh Liem dan beberapa menu pelengkap (foto: semarang.yogyes.com)

Bahan utama Asem-Asem Daging adalah daging sapi pilihan yang dipotong dadu. Rasa asam bisa diperoleh dari penggunaan asam jawa, belimbing wuluh, maupun tomat yang cukup banyak. Meski demikian, rasa asamnya tidak berlebihan karena diimbangi dengan rasa manis dari gula jawa. Kuah kaldunya memberi rasa gurih alami pada masakan ini. Perpaduan berbagai komponen rasa tersebut membuat masakan ini terasa begitu istimewa. Sebagai pelengkap, sekaligus memperkaya warna masakan, biasanya juga ditambahkan buncis dan cabai merah/hijau besar yang telah dipotong-potong kecil.

Walaupun bernama Warung Makan Asem-Asem, tempat ini sebenarnya juga menawarkan aneka menu lain yang tak kalah menariknya. Kebanyakan memang berjenis Chinese food. Antara lain ada cumi goreng mentega, kikil lombok ijo, aneka ca sayuran, lontong opor, gimbal udang, ca pete udang, bandeng sarden, dll. Disini juga disediakan menu non-halal seperti babi kecap dan sate babi.

Buka: 07:00 – 20.00 WIB

Lokasi: Jl. Karang Anyar No. 28/C4, Semarang. Berdekatan dengan SMA Kolese Loyola Semarang

Tertarik untuk mencoba membuat masakan ini di rumah? Silakan baca resep berikut ini: Asem-Asem Iga Sapi

Oktober 2013

 

(Dilihat 5.035 kali, 76 kunjungan hari ini)
Updated: 24 Oktober 2013 — 1:36 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved