KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Kuliner Jalanan nan Nikmat: Sate Kere Depan Sami Luwes, Solo

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr
Sate Kere Depan Sami Luwes - Solo

Sate Kere Depan Sami Luwes – Solo

Tak salah jika orang menyebut Solo sebagai surganya kuliner. Aneka jenis makanan enak tersedia di kota ini, dari yang kelas emperan toko hingga resto. Salah satu contoh kuliner pinggir jalan yang sangat mengesankan adalah Sate Kere di depan pusat perbelanjaan Sami Luwes, Jalan Honggowongso. Melihat tempat jualannya yang sangat sederhana, hanya berupa lapak kecil beratap payung besar, anda mungkin takkan menyangka bakal bisa menemukan salah satu kuliner tradisional Solo yang sangat lezat disini. Bahkan untuk makan di tempat saja agak repot, karena tak ada meja kursi memadai untuk menampung pembeli dan lokasinya pun di trotoar yang cukup ramai. Namun begitu, kualitas Sate Kere di tempat ini sungguh tak bisa dianggap remeh. Rasanya tak kalah nikmat dengan sate-sate yang dijual di rumah makan gedongan. Pembeli pun kadang tak segan makan di tengah lalu lalang orang demi menikmati seporsi Sate Kere yang juara. 

Seporsi Sate Kere Komplit

Seporsi Sate Kere Komplit

Seperti lazimnya Sate Kere, bahan utama yang digunakan adalah tempe gembus yang dimasak bacem / dibumbui lebih dulu sebelum nantinya dibakar. Untuk variasi disediakan pula aneka sate jeroan sapi seperti babat, iso, dan kikil. Sate jeroannya juga nampak diolah secara prima. Tak ada lagi bau amis yang bisa meruntuhkan selera makan. Potongannya cukup besar dan teksturnya empuk sehingga tak butuh usaha ekstra untuk melumatnya dalam mulut. Lontong yang lembut makin menyempurnakan kelezatan Sate Kere tersebut.

Pilihan Sate Kere Depan Sami Luwes

Pilihan Sate Kere Depan Sami Luwes

Yang tak kalah penting dari kesemua komponen Sate Kere adalah sambal kacangnya. Sate Kere depan Sami Luwes ini menggunakan Sambal kacang yang terasa sangat istimewa di lidah. Seolah bisa menyatukan berbagai komponen berbeda dalam Sate Kere secara sempurna. Rasanya sangat gurih dengan sedikit tendangan rasa manis dan aroma daun jeruk yang menyegarkan. Tonjokan rasa pedasnya bisa menambah selera makan. Agaknya daun jeruklah yang bisa menyeimbangkan kepekatan rasa sambal kacang sehingga tidak terlampau eneg ketika dimakan.

Sate Kere di depan Sami Luwes ini buka dari jam 11.00 hingga 16.00 (atau sampai habis). Lokasinya hanya beberapa puluh meter sebelum Warung Tengkleng Rica Pak Manto yang juga terletak di Jl. Honggowongso. Karena tempat yang kurang bisa menampung pembeli, kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk membungkus Sate Kere. Tapi tak ada salahnya juga meluangkan waktu makan di tempat, karena Sate Kere ini paling nikmat jika dinikmati dalam kondisi hangat.

Buka jam: 11.00 – 16.00
Lokasi: Jalan Honggowongso, Solo. Depan pusat perbelanjaan Sami Luwes

Juni 2013

 

(Dilihat 1.151 kali, 6 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 24 Juni 2013 — 9:48 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved