KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Manfaat Kesehatan Jeruk Nipis dan Lemon

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

lemon n jeruk nipisSelain bisa menyedapkan masakan dan dibuat minuman yang menyegarkan, jeruk nipis dan lemon ternyata juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kita jika dikonsumsi dengan benar. Segelas air hangat yang diberi air perasan jeruk nipis / lemon bisa menjadi minuman sehat di pagi hari. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari jeruk nipis dan lemon:

  1. Air jeruk nipis / lemon juga kaya akan vitamin C dan mineral seperti kalsium, kalium dan magnesium
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh. Jeruk nipis / lemon kaya akan vitamin C dan potasium. Vitamin C bisa membantu melawan flu, sementara potasium membantu mengontrol tekanan darah dan menstimulasi fungsi otak dan saraf.
  3. Menyeimbangkan pH tubuh. Air jeruk nipis / lemon memang terasa asam/ kecut, tapi sesungguhnya ia memiliki sifat basa/alkali ketika di dalam tubuh. Apabila pH tubuh terlalu asam, ia akan menjadi magnet bagi penyakit. Makanan alkali ini adalah salah satu kunci untuk hidup sehat karena membantu tubuh mencapai pH idealnya.
  4. Membantu pencernaan. Meminum perasan jeruk nipis / lemon yang dicampur segelas air hangat di pagi hari sangat bermanfaat. Air hangat membantu mengaktifkan berbagai enzim dalam tubuh dan membersihkan lendir sisa metabolisme di sepanjang sistem cerna. Sementara air jeruk nipis memberi sifat basa pada air tersebut dan memperkuat daya bersihnya.
  5. Untuk tonik liver. Minum perasan jeruk nipis / lemon yang dicampur air hangat sesaat setelah bangun tidur juga bisa menjadi tonik bagi liver yang sudah lelah bekerja semalaman saat kita tidur.
  6. Sebagai diuretik alami. Jeruk nipis / lemon bisa memperlancar proses urinasi sehingga pengeluaran toksin / sisa metabolisme dari tubuh bisa lebih maksimal. Beban kerja ginjal pun menjadi lebih ringan.
  7. Merawat kulit. Air jeruk nipis / lemon membantu pengeluaran toksin dari darah sehingga bermanfaat pula untuk menjaga kesehatan kulit.

 

September 2014

 

(Dilihat 651 kali, 4 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 8 September 2014 — 1:34 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved