MENGENAL MACAM-MACAM KOPI BERBASIS ESPRESSO (ESPRESSO-BASED)

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

*Kontributor: Adam Naufal Dzaky


Pernah mengunjungi kedai kopi dan terintimidasi dengan menu minumannya? Bingung memilih antara macchiato, cappuccino, atau latte? Tenang, Anda tidak sendirian. Meski mungkin sudah terbiasa menikmatinya, tidak banyak orang yang benar-benar paham tentang minuman berbasis espresso tersebut. Meski bukan sebuah keharusan, ada baiknya untuk mengenali atau memahami perbedaan macam-macam sajian kopi tersebut, setidaknya agar tidak salah memesan jenis minuman kopi yang kita inginkan. Berikut ini adalah panduan sederhana untuk mengenal berbagai jenis minuman kopi berbasis espresso:

  1. Espresso
    Espresso adalah minuman yang dihasilkan dengan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi. Mudahnya, espresso adalah cairan konsentrat hasil esktraksi kopi. Kebanyakan orang masih belum bisa meminum espresso secara langsung. Karenanya espresso biasa digunakan sebagai bahan dasar minuman lain.
  2. Macchiato
    Adalah Shot Espresso yang diberikan foam susu hasil dari susu yang sudah disteam (steamed milk), disajikan di gelas / mug kecil.
  3. Americano
    Americano adalah double shot espresso yang dicampur air panas dengan perbandingan 1:3 – 1:4. Variasi dari minuman ini adalah Long Black di mana air panas dituang lebih dulu ke dalam gelas sehingga tidak merusak crema dari espresso yang dituang belakangan.
    Variasi dari minuman ini adalah Long Black di mana air panas dituang lebih dulu ke dalam gelas sehingga tidak merusak crema/buih dari espresso yang dituang belakangan.
  4. Cappuccino
    Cappuccino biasa terbuat dari 1 bagian espresso dicampur dengan 1 bagian steamed milk dan 1 bagian buih susu. Sehingga, tekstur kopi yang dihasilkan cenderung lembut namun cita rasa kopinya masih kuat.
  5. Cafè Latte
    Sama seperti cappuccino, cafè latte terbuat dari espresso yang dicampur dengan steamed milk. Perbedaannya terletak pada banyaknya buih susu. Perbandingan susu pada pada cafè latte lebih banyak daripada buihnya. Karenanya rasa susu pada cafè latte paling dominan dibanding cappuccino atau macchiato.
  6. Mochacino/Cafè Mocha
    Adalah variasi dari Cafè Latte dengan penambahan sirup coklat agar citarasanya lebih beragam. Namun saat ini cokelat bubuk lebih banyak digunakan daripada cokelat cair ataupun susu cokelat karena dianggap lebih praktis.
  7. Espresso Con Panna
    Jika sebelumnya adalah olahan kopi dan susu, Espresso Con Panna adalah espresso yang diberi tambahan whipped cream.
  8. Cafè Affogato
    Tidak cukup dengan susu atau whipped cream, Espresso dapat dikombinasikan dengan es krim. Hasilnya adalah Cafè Affogato ini. Biasanya es krim yang digunakan adalah es krim rasa vanila.

(Dilihat 81 kali, 1 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 9 Januari 2019 — 11:16 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *