KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Menikmati Santap Malam Seafood di RM Senjoyo Salatiga

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Bangunannya terlihat sederhana, tetapi bagian dalamnya terlihat cukup lapang. Tak ada ornamen atau hiasan mencolok yang bisa menjadi penanda rumah makan ini. Hanya ada spanduk kecil bertuliskan nama rumah makan beserta alamat di bawahnya. Walaupun sederhana, banyaknya mobil dan motor yang terparkir di tepi jalan tiap malamnya mengisyaratkan bahwa tempat ini menawarkan sesuatu yang istimewa, atau setidak-tidaknya bisa memikat hati banyak orang. RM Senjoyo sebenarnya sudah ada sejak lama, tetapi sepertinya sempat mengalami pasang surut. Beberapa tahun lalu, mungkin orang yang lewat di Jl. Senjoyo tidak akan menyadari keberadaan rumah makan ini karena lokasinya yang cenderung sepi. Setelah ramai lagi, kini orang dibuat penasaran untuk ikut mencicipi menu kreasinya.

Beberapa menu di Rumah Makan Senjoyo - Salatiga

                                  Beberapa menu di Rumah Makan Senjoyo – Salatiga

Salatiga di kala malam sangat identik dengan kuliner nasi gorengnya. Ada puluhan warung nasi goreng yang bisa dijumpai, dari yang kelas gerobak dorong hingga resto, dan hampir semua memiliki pelanggan setianya sendiri. Membosankan memang, karena jenis makanan yang dijajakan cenderung monoton. Meskipun turut menawarkan menu sejenis, RM Senjoyo menjadi menarik karena menyediakan menu seafood yang cukup sulit ditemui di Salatiga. Aneka olahan cumi dan udang adalah contoh menu andalan yang digemari di sini. Kebanyakan dimasak ala Chinese food , seperti konsep rumah makan ini.

Bagi penyuka masakan pedas, cumi atau udang saus padang adalah menu favorit. Pada suapan pertama, kita bisa segera tahu kualitas dan kesegaran bahan yang digunakan. Cumi dan udangnya dimasak dengan tingkat kematangan yang baik sehingga tidak alot. Rasa manis alami udangnya pun masih terasa. Sajian ini dipercantik dengan sayuran berupa potongan wortel, tomat, daun bawang dan cabai merah besar. Tekstur sayurannya masih bagus dan warnanya masih terlihat segar.

Jika ingin menghangatkan badan di tengah udara Salatiga yang dingin, sup seafood atau seafood kuah adalah pilihan yang sempurna. Kombinasi aneka sayuran dan seafood dimasak dengan kuah kaldu bening yang menyegarkan. Cara memasaknya bagus, sehingga kesegaran bahan-bahannya masih bisa dirasakan. Bumbunya pun tidak terasa berlebihan dan isiannya cukup melimpah. Selain kualitas rasa, keunggulan lain terletak pada porsi masakan di RM Senjoyo yang cukup besar dan harganya yang relatif murah.

Di luar kedua menu tersebut, masih ada banyak menu yang juga layak dicoba. Di antaranya ada kwetiaw goreng seafood, nasi goreng seafood, sup tomyam, sup asparagus kepiting, hotplate seafood, kepiting saus lada hitam, kepiting lemburi goreng, gurame asam manis, krapu saus lada hitam, kakap tahu tausi, cumi saus mentega, udang bago saus inggris, kerang masak pedas, dan masih banyak lagi lainnya. Bagi yang ingin bersantap menu non-seafood, variasinya pun sangat banyak.

Untuk olahan daging sapi, misalnya, antara lain ada sapi saus lada hitam dengan pelengkap sayuran brokoli, bistik sapi, sapi saus padang, sapi lombok ijo, sapi ca kangkung, dll. Menu berbahan ayamnya pun sangat beragam. Rumah makan ini barangkali menjadi tempat yang menyajikan menu terlengkap di Salatiga. RM Senjoyo pun membuat makan malam di Salatiga tak lagi terasa membosankan.

 

RM Senjoyo Seafood & Chinese Food

Buka: –

Lokasi: Jl. Senjoyo No. 5, Salatiga

 

(Dilihat 4.917 kali, 25 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 17 Mei 2015 — 6:22 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved