KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Mie Celor 26 Ilir, Kuliner Legendaris Khas Palembang

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Selain pempek, mie celor juga merupakan kuliner khas Palembang yang sangat populer bagi warga setempat maupun pendatang/turis. Meskipun bisa ditemui di kota-kota lain di Pulau Sumatera, popularitas mie celor di Palembang memang nyaris menyamai pempek. Boleh dibilang ini adalah salah satu menu sarapan favorit warga Palembang. Bagi yang tidak terlalu suka citarasa asam pada makanan seperti pempek, mie celor adalah pilihan sempurna. Berbeda dengan mie yang biasa disajikan di restoran-restoran chinese food, komponen utama mie celor relatif lebih sederhana, terdiri dari mie telur, tauge, dan kuah kaldu yang kental dan gurih.

(Foto: hellopalembang.com)

                                 (Foto: hellopalembang.com)

Mie celor sendiri berarti mie celup. Mie tidak dimasak seperti saat membuat mie goreng atau mie rebus. Untuk penyajian, mie cukup dicelup ke dalam air panas lalu ditiriskan dan disiram dengan kuah kaldu yang kental. Di Palembang ada satu tempat yang sering menjadi rujukan utama bagi siapapun yang ingin menikmati masakan berkuah ini, yaitu Mie Celor 26 Ilir HM Syafei. Konon tempat ini sudah ada sejak tahun 1950-an dan masih eksis hingga kini. Dengan pengalaman puluhan tahun tersebut tak heran jika namanya sudah terkenal hingga lintas pulau. Dari segi komposisi bahan, Mie Celor 26 Ilir tak jauh beda dengan yang lain. Kuncinya terletak pada kesegaran bahan dan cara mengolah kuah kaldu yang prima. Mie basah yang digunakan selalu terjaga kesegarannya karena dibuat sendiri. Karena itu pula mie tidak bisa bertahan lama.

Kunci kelezatan kuahnya terletak pada kaldu yang disarikan dari udang sungai yang berukuran besar. Bagian kepala atau otak udang justru menjadi komponen vital untuk menciptakan kuah yang gurih dan aromatik. Disediakan panci khusus untuk menampung kuah mei celor ini, karena tidak boleh bersentuhan langsung dengan panas api. Pancinya terdiri dari dua bagian, yaitu tempat rebusan air untuk mencelup mie dan taoge serta bagian yang mengapung sebagai wadah untuk kuah. Tujuannya agar konsistensi atau kekentalan kuah tetap terjaga meski terus dipanaskan. Jika kuah bersentuhan langsung dengan panas api dikhawatirkan akan makin mengental.

Seporsi Mie Celor 26 Ilir HM Syafei terdiri dari mie telur yang bulat panjang seperti spaghetti dan berukuran agak besar, tauge, dan irisan telur. Penyempurnanya adalah siraman kuah kaldu udang yang gurih. Porsinya tidak berlebihan, cukup mengenyangkan sebagai menu sarapan. Tempatnya selalu ramai, tapi untungnya pelayanan cukup cepat sehingga pengunjung tak harus menunggu terlalu lama. Jika sedang bertandang ke Palembang dan ingin berburu kuliner khas selain pempek, mie celor bisa menjadi salah satu pilihan.

Mie Celor 26 Ilir HM Syafei

Lokasi: Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 2,Pasar 26 Ilir, Palembang.

Buka: Pagi – malam

 

 

(Dilihat 1.406 kali, 27 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 23 Juli 2016 — 8:33 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved