KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Nasi Liwet Mbak Giyem Solo Baru

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Nasi Liwet Mbak Giyem Solo Baru

Kompleks pertokoan dan perkantoran di daerah Solo Baru memang tempat yang tepat untuk berburu kuliner malam. Disini kita akan menemukan banyak sekali pilihan tempat untuk makan malam, dari yang kelas kaki lima hingga resto. Menu yang paling banyak dijajakan adalah nasi liwet. Nasi liwet ini umumnya dijual di warung-warung tenda yang tersebar di kompleks pertokoan Solo Baru.

Makan sambil lesehan di Warung Makan Mbak Giyem Solo Baru

Salah satu warung tenda yang menyediakan menu nasi liwet komplit dengan berbagai macam lauknya adalah Warung Makan Mbak Giyem. Sebenarnya warung ini tidak hanya khusus menjual nasi liwet. Ada banyak menu lain yang juga bisa anda coba, seperti misalnya: sambal tumpang khas Solo, nasi gudeg, pecel, trancam (semacam karedok tapi menggunakan bumbu parutan kelapa), asem-asem ceker, asem-asem kikil, rica-rica ayam, dan garang asem. Semuanya layak untuk dicoba.

Rica-rica ayamnya juga harus dicoba. Rempah-rempahnya sangat menggugah selera

Seperti pada umumnya, nasi liwet Mbak Giyem dilengkapi dengan sayur labu siam, suwiran daging ayam yang dimasak opor, telur pindang, dan disiram dengan areh (sari santan kental). Areh ini membuat nasi liwet terasa makin gurih. Telur pindang bisa juga diganti dengan putih telur kukus yang dipotong kotak-kotak. Nasi liwet Solo tidak menggunakan sambal sebagai pelengkap, melainkan cabe rawit rebus yang bisa anda gerus di dalam nasi liwet ketika ingin menambahkan citarasa pedas. Nasi liwet terasa makin sedap karena disajikan dengan pincuk (alas makan dari daun pisang).

Pelengkap nasi liwet Mbak Giyem Solo Baru

Untuk lauk tambahan, anda bisa memilih dari sekian banyak makanan pendamping yang sudah dipajang di atas meja. Ada sate hati-ampela ayam, sate kikil, sate usus, sate bakso bakar, dan sosis solo. Sosis Solo ini tidak seperti sosis daging yang biasa kita kenal. Bentuknya lebih menyerupai lumpia atau resoles, tapi lebih pipih/gepeng. Sosis Solo terbuat dari daging cincang yang telah dimasak, yang kemudian digulung dengan telur dadar tipis. Aneka masakan dan lauk yang dipajang benar-benar membangkitkan nafsu makan.

Waktu buka: Sore – Malam

Lokasi: Kompleks Perkantoran dan Pertokoan Solo Baru

 

Februari 2013

(Dilihat 1.406 kali, 1 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 27 Februari 2013 — 7:36 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved