KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Nasi Pecel 99 Madiun, Presiden RI pun Menggemarinya

FacebookTwitterGoogle+PinterestDeliciousShare
Depot Nasi Pecel 99 di Jl. Cokroaminoto, Madiun (foto: pencangkul.blogspot.com)

Depot Nasi Pecel 99 di Jl. Cokroaminoto, Madiun (foto: pencangkul.blogspot.com)

Jalan-jalan ke Madiun tak lengkap bila tidak mencicipi kuliner khasnya, apalagi kalau bukan nasi pecel. Nyaris di setiap sudut kota kita bisa mendapati tempat yang menjajakan makanan rakyat nan sehat dan murah meriah ini. Namun di antara kesemuanya, ada satu lokasi yang menjadi sentra kuliner pecel Madiun yakni Jalan HOS Cokroaminoto.

Di sepanjang jalan tersebut ada banyak warung pecel yang bisa dipilih, salah satunya yang cukup terkenal adalah Depot Nasi Pecel 99. Popularitas tempat makan ini makin meroket terutama setelah menjadi tempat favorit Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersantap pecel bila sedang berada di Madiun. Beliau sangat terkesan dengan citarasa Pecel Madiun yang dijajakan. Pejabat negara lain dan beberapa selebritas ibukota juga tak ketinggalan menjadikannya tempat santap favorit.

Nasi Pecel Madiun 99 (foto: pencangkul.blogspot.com)

Nasi Pecel Madiun 99 (foto: pencangkul.blogspot.com)

Depot Nasi Pecel 99 kabarnya sudah berdiri sejak tahun 1987, sehingga tak heran jika pelanggannya sangat banyak. Dari segi rasa mungkin tidak jauh berbeda dari warung pecel lain yang ada di Jl. HOS Cokroaminoto, tapi tiap orang tentunya mempunyai selera masing-masing. Pecelnya terdiri dari aneka macam sayuran seperti daun pepaya, kecambah, kacang panjang, petai cina, daun kemangi, dll. Sambal pecel yang berbahan dasar kacang tanah disiramkan di atas racikan nasi dan sayuran.

Rasa bumbu kacang yang gurih-pedas menjadi kunci kelezatan Pecel Madiun 99. Pembeli bisa memilih yang rasa pedas ataupun sedang.  Karakter rasa sambal pecel di Madiun memang sedikit berbeda dari Jawa Tengah atau Yogyakarta yang cenderung lebih manis. Taburan serundeng membuat rasa gurih makin intens, sekaligus memberi aroma sedap yang khas. Alas daun pisang menghadirkan nuansa ndeso yang ngangeni ketika menyantapnya.

Pecel Madiun bisa dikombinasikan dengan beberapa pilihan lauk seperti empal daging, paru, babat, telur mata sapi, mendoan, ayam goreng, dsb. Ada juga rempeyek kacang dan kerupuk puli / kerupuk lempeng, pelengkap wajib ketika bersantap Pecel Madiun. Makanan rakyat khas Jawa Timur ini bisa disantap kapan saja, baik untuk sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Dan dalam kurun waktu itu anda tidak akan kesulitan mencari tempat yang menjajakannya.

Buka: 07.00 – 21.00 WIB

Lokasi: Jalan Cokroaminoto 99, Madiun

Oktober 2013

Tulisan Terkait

Updated: 15 Oktober 2013 — 4:52 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copyright © 2014. KabarKuliner.com