KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Nasi Pecel “Mbok Kami” Ambarawa: Makanan Rakyat Murah & Nikmat

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Nasi Pecel Mbok Kami disajikan dengan pincuk daun pisang

Di sebuah jalan kecil menuju tempat wisata spiritual Gua Maria Kerep – Ambarawa ada satu makanan rakyat yang sangat sederhana tapi penggemarnya begitu banyak, namanya Nasi Pecel Mbok Kami. Warungnya sangat jauh dari kesan wah, hanya sebuah kios kecil yang beratapkan seng. Di kala cuaca panas, pembeli pun harus rela berpeluh di dalam warung yang tak seberapa besar itu.

Komposisi Pecel Mbok Kami sebenarnya sederhana saja, tak beda dari pecel-pecel yang lain. Dalam satu porsi terdiri dari nasi, sedikit mie goreng, dan aneka sayuran yang kemudian disiram dengan sambal kacang yang rasanya manis-gurih. Yang membedakan adalah kualitas sambal kacangnya yang sudah membuat banyak orang kesengsem. Barangkali ini yang namanya “beda tangan, beda rasanya”. Meski bumbu sambal kacang yang digunakan sama dengan yang lain, tapi tetap ada citarasa yang khas disana.

Sedang meracik nasi pecel pesanan pembeli

Gorengan untuk pendamping Nasi Pecel Mbok Kami

Lauk yang disediakan lebih banyak berupa goreng-gorengan seperti bakwan, mendoan, martabak, baceman, dsb. Tak terlihat ada daging sapi, ayam, atau lauk lainnya yang terkesan wah, meski ada juga beberapa sate jeroan. Karenanya Nasi Pecel Mbok Kami ini benar-benar pengejawantahan makanan rakyat yang murah tapi nikmat. Untuk penyajiannya, pecel ini menggunakan alas pincuk daun pisang. Nuansa tradisional dan alami yang menambah sensasi nikmat ketika menyantapnya.

Jam buka: 07.00 – sampai habis (biasanya antara jam 11.00 & 12.00)

Lokasi: Jl. Goa Maria Kerep – Ambarawa. Dekat terminal Ambarawa
April 2013

 

(Dilihat 2.436 kali, 2 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 13 April 2013 — 12:08 pm

1 Comment

Add a Comment
  1. Selain pecel, tahu serasi juga oleh-oleh wajib dari bandungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved