KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Nasi Pedas Bu Andika, Kuliner Pedas dari Bali

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Saat berlibur di Bali tentu takkan lengkap rasanya jika hanya menikmati keindahan alam dan budayanya tanpa menyelami kekayaan kuliner khas setempat. Ada cukup banyak pilihan kuliner lokal yang menarik untuk dicoba, dari yang halal hingga non-halal. Bagi yang muslim mungkin pilihannya lebih terbatas. Akan tetapi, yang terbatas itu bukan berarti tidak berkualitas. Untuk kuliner halal di Bali, nasi campur dengan aneka lauk berbahan ayam atau ikan adalah menu yang tak bisa dilewatkan. Untuk yang satu ini ada tempat di Bali yang sudah sangat populer di kalangan turis domestik, namanya adalah Nasi Pedas Bu Andika.

Nasi-Pedas-Bu-Andika-Bali

                                      (foto: theswimgeek.com)

Nasi Pedas Bu Andika mungkin bisa disebut salah satu kuliner legendaris di Bali. Konon usaha ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Suatu perjalanan panjang yang pastinya tidak mudah untuk sebuah usaha kuliner. Warung Makan Nasi Pedas Bu Andika ini kalau di Pulau Jawa mungkin semacam warteg, menjual nasi dengan beraneka ragam lauk dan sayuran yang bisa dipilih. Seperti namanya, Nasi Pedas Bu Andika, yang menjadi ciri khas di sini adalah sambalnya yang terkenal galak. Tidak sekedar pedas saja, entah kenapa sambal di sini dirasa para pelangannya begitu cocok dikombinasi dengan sayuran dan lauk yang ada. Sambalnya terbuat dari tomat, cabai merah, cabai rawit, garam, dan terasi.

Sambal ini saat disajikan terlihat agak berminyak dan sepertinya inilah yang menambah sedap. Barangkali karena digoreng dengan api sedang terlebih dahulu atau disiram dengan minyak panas. Semacam sambal jelantah kalau di Jawa. Meskipun namanya nasi pedas, sesungguhnya nasi yang digunakan hanya nasi putih biasa. Pedasnya ya karena disajikan dengan sambal. Untuk pilihan lauknya tersedia antara lain ayam sisit, perkedel jagung, hati ayam, semur daging sapi, ayam goreng, sate ayam, kulit ayam bumbu merah, teri goreng, usus ayam goreng, dll. Untuk sayurnya ada urap, oseng kangkung, sayur kacang panjang, dsb. Yang disajikan memang tidak semua otentik masakan Bali, namun warung ini sudah menjadi salah satu ikon wisata kuliner (halal) di Bali.

Warung Nasi Pedas Bu Andika tempatnya terbilang sederhana namun cukup lapang. Saat warung ramai atau cuaca panas, harus rela sedikit berpeluh karena untuk pendingin ruangan hanya digunakan kipas angin. Kabar baiknya warung ini buka hingga malam (ada yang bilang 24 jam) sehingga bisa menjadi alternatif saat mencari makan malam yang simpel, enak, dan harga terjangkau. Ruang parkir di sini memang terbatas karena terletak di pinggir jalan. Akan tetapi lokasinya sangat strategis dan berdekatan pula dengan produsen kaos kata-kata yang sangat terkenal di Bali.

 

Nasi Pedas Bu Andika

Lokasi: Jl. Raya Kuta, Gang Kubu 120C, Badung Kuta Selatan, Bali

Buka: pagi-malam

 

 

(Dilihat 2.898 kali, 61 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 2 Agustus 2016 — 11:25 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved