Nasi Tumpang Mas Narto Karanganyar yang Ngangeni

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

*Kontributor: Adam Naufal Dzaky


Tumpang atau sambal tumpang adalah salah satu menu makanan yang sangat populer di daerah Solo dan sekitarnya. Makanan yang berbahan dasar tempe semangit dan santan ini mempunyai cita rasa khas sehingga mempunyai penikmat tersendiri. Di Jawa Tengah setidaknya ada tiga kota yang sangat akrab dengan menu ini, yakni Solo, Boyolali, dan Salatiga. Sambal tumpang dari masing-masing daerah itu memiliki ciri khasnya sendiri.


Salah satu tempat favorit penulis pribadi adalah warung soto dan nasi tumpang Mas Narto. Memang menu utama dari warung ini adalah soto. Namun, bukan berarti menu lain tidak kalah nikmat dari menu utama. Nasi tumpang yang disajikan biasanya dilengkapi oleh telur dadar, tapi bisa juga diganti dengan lauk lain sesuai request. Sambal tumpang disini sangat khas, mengikuti gagrak Solo. Pedasnya pas, tidak berlebihan, ada rasa gurih dari santan dan tidak encer.

Nasi tumpang Mas Narto dengan lauk telur dadar yang gurih (foto: Adam Naufal D)


Selain soto dan nasi tumpang, menu andalan lain di warung ini adalah teh ginastel (legi, panas, kentel) gula batu. Rasa teh di sini menurut saya pribadi, tidak akan ditemui di tempat lain. Saat saya bertanya ke Mas Narto, sang pemilik warung, kenapa tehnya bisa sangat spesial, ternyata rahasianya adalah menggunakan beberapa campuran merk teh dengan komposisi tertentu. Sehingga rasa yang dihasilkan pun ciamik. Teh oplos ini memang sudah menjadi tradisi sendiri di wilayah Solo dan sekitarnya, termasuk Karanganyar, dan tiap-tiap warung biasanya mempunyai racikan andalannya sendiri.


Jika bosan dengan menu soto atau nasi tumpang, masih ada menu lain yang tidak kalah nikmat seperti nasi pecel dan nasi sambel goreng. Tidak sulit menemukan warung ini. Lokasinya berada di seberang SD Negeri 3 Karanganyar. Warung ini tidak besar, namun selalu ramai dipenuhi pengunjung yang menikmati sarapan. Biasanya buka sekitar jam 6 pagi – jam 9 pagi (sampai habis). Waktu bukanya memang terbilang sangat singkat, jadi lebuh baik datang sepagi mungkin supaya masih lengkap pilihan menunya.

Warung Soto dan Nasi Tumpang Mas Narto Karanganyar
Lokasi: seberang SD Negeri 3 Karanganyar
Buka: 6 pagi – jam 9 pagi (sampai habis)

(Dilihat 119 kali, 6 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 16 Januari 2019 — 7:28 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *