KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Nikmatnya Ayam Taliwang Khas Lombok

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Lombok, pulau nan indah ini ternyata juga menyimpan warisan kuliner yang luar biasa. Kegiatan rekreasi memang tak pernah bisa jauh dengan urusan perut dan ini adalah kesempatan bagi daerah untuk mengangkat kekayan kulinernya. Berbagai sajian khas Lombok pun akhirnya turut tampil ke permukaan seiring dengan makin berkembangnya sektor pariwisata. Salah satu yang digemari dan mulai banyak dikenal masyarakat di luar Lombok adalah Ayam Taliwang.

 Ayam Taliwang khas Lombok

Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung khas Lombok (Sumber foto: taliwangirama.com)

 

Dinamakan Ayam Taliwang karena bumbu khas yang digunakan berasal dari Kampung Karang Taliwang, Kelurahan Cakra Utara, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Bumbu yang juga disebut bumbu pelalah tersebut terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah (besar dan kecil), dan garam yang dihaluskan. Campuran cabai yang banyak membuat Ayam Taliwang bercitarasa pedas, khas masakan Lombok. Bumbu tersebut kemudian dimasak dengan ditambahkan santan. Ayam yang digunakan adalah jenis ayam kampung yang belum terlalu tua, sekitar usia 5 – 6 bulan. Meski dari segi ukuran tak begitu besar, dagingnya bisa lebih empuk saat diolah.

Ayam Taliwang bisa dimasak dengan cara digoreng maupun dibakar. Biasanya ayam dimasak secara utuh. Cukup dibelah di bagian dadanya, kemudian dilumuri bumbu. Proses memasaknya gampang-gampang susah karena secara tradisi, alat masaknya pun bisa mempengaruhi citarasa yang dihasilkan. Masyarakat Lombok sendiri memilih memasak Ayam Taliwang dengan menggunakan kayu bakar. Diutamakan kayu kopi atau kayu nangka sebab kayu jenis ini dianggap bisa memberikan aroma lebih sedap pada masakan dan nyala apinya lebih lama.

Untuk yang digoreng, minyak yang digunakan adalah minyak kelapa asli. Sementara untuk ayam bakar Taliwang prosesnya bisa sedikit lebih panjang karena ayam dibakar dua kali. Ayam dibakar dulu di atas api dari sabut kelapa kemudian dibakar lagi dengan arang. Aroma ayam bakarnya diyakini akan lebih sedap dibanding jika langsung dibakar dengan arang. Menu Ayam Taliwang ini sangat cocok disajikan bersama plecing kakung yang segar dan bercitarasa pedas. Ada pula beberok, sambal tomat dengan terasi yang dicampur dengan lalapan terong atau mentimun dan diberi kucuran jeruk limau. Konon sayuran di Lombok kualitasnya istimewa dan sangat nikmat disantap.

Menu Ayam Taliwang bisa mudah dijumpai di berbagai rumah makan di Lombok. Di antaranya adalah:

RM Dua EM Bersaudara  

Jalan Transmigrasi, Kota Mataram.

RM Ayam Bakar Taliwang Irama

Jl. Ade Irma Suryani No.10, Cakranegara, Lombok.

Phone: 0370.623163
Mobile Phone: 08175787830, 081936774944

 

(Dilihat 681 kali, 2 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 29 Januari 2015 — 4:20 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved