KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Nikmatnya Perpaduan Bubur dan Seafood ala Bubur Kwangtung Pecenongan

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr
Bubur Kwang Tung Pecenpngan (foto: tempo.co)

Bubur Kwang Tung Pecenpngan (foto: tempo.co)

Bubur merupakan satu jenis comfort food yang bisa memberi badan kita rasa nyaman dan tenang ketika menyantapnya. Teksturnya yang lembut membuat kita tak perlu repot mengunyah, sehingga dianggap sebagai asupan energi yang cocok saat sedang kurang nafsu makan atau sakit. Sayangnya makanan jenis ini lebih sering dijajakan di pagi hari, padahal bubur hangat juga cocok disantap di malam hari yang dingin. Di Jakarta ada satu tempat yang menjadi favorit banyak orang untuk bersantap bubur, bukanya pun hingga malam hari. Namanya adalah restoran Bubur Kwang Tung di Pecenongan, Jakarta.

Restoran Cina bergaya klasik ini adalah tempat yang tepat jika anda ingin mencicipi olahan bubur yang berbeda dari sekedar bubur ayam biasa. Di sini anda bisa memilih aneka bubur (jenis bubur nasi) yang dipadukan dengan bahan seafood seperti udang, ikan, dan kepiting. Bubur disajikan dalam porsi mangkuk besar sehingga cukup untuk beberapa orang sekaligus. Untuk menikmatinya, tuang bubur ke dalam mangkuk kecil yang sudah disediakan.

Bau amis dari bahan seafood bisa teredam dengan baik. Yang menonjol dari bubur ini adalah rasa gurihnya dan teksturnya yang lembut. Rasanya yang istimewa barangkali juga ditopang oleh kaldu dari seafood-nya. Kecap asin dengan irisan jahe dan cabai rawit, daun bawang dan kacang tanah goreng bisa ditambahkan untuk makin memperkaya rasanya. Ada juga pelengkap lain seperti cakwe yang sudah dipotong-potong dan telur pitan.

Telur pitan, dikenal juga sebagai thousand-year egg, adalah telur yang diproses / difermentasikan sedemikan rupa (biasanya dengan dilapisi campuran campuran tanah liat, abu, garam, calcium oxide, dan sekam) selama beberapa minggu atau bulan, sehingga warnanya berubah menjadi kehitaman dan transparan pada bagian putih telurnya.

Selain bubur, restoran Kwang Tung sebenarnya juga menyediakan menu chinese food lain seperti aneka steam seafood (kerapu, cumi, scallop, gurame, kepiting, dll), steam sapi, nasi hainam, aneka ca sayuran, dan masih banyak lagi. Ada juga bubur ayam, tapi yang terkenal di sini memang bubur seafood-nya. Meski belum lama berdiri, yakni pada akhir tahun 2003, restoran ini dengan cepat menjadi tempat favorit para pecinta kuliner di Jakarta.

Buka: 24 jam

Lokasi: Jl. Pecenongan No. 67 i, Jakarta Pusat

Telepon: 021-3865688

 

 

(Dilihat 1.185 kali, 10 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 17 September 2014 — 7:07 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved