KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Nostalgia ala SGPC Bu Wiryo 1959 – UGM Jogja

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Lokasi Warung SGPC Bu Wiryo 1959

Ada satu warung pecel di seputaran kampus Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang sangat legendaris, namanya Warung Sega Pecel Bu Wiryo atau yang lebih populer dengan sebutan SGPC Bu Wiryo 1959. Warungnya berada di seberang Fakultas Peternakan UGM, dekat dengan Lapangan Klebengan. Angka 1959 menunjukkan tahun berdirinya warung ini, meskipun tempat awalnya bukan di lokasi yang sekarang. Pengunjung SGPC Bu Wiryo kebanyakan adalah mahasiswa, dosen, maupun para alumni UGM yang datang untuk bernostalgia. Warung ini dari dulu memang menjadi tempat klangenan bagi mereka yang punya ikatan historis dengan kampus UGM.

Rasa pecel Bu Wiryo sebenarnya tidak jauh beda dengan yang ada di tempat lain, tapi bumbu kacangnya memang terasa sedap. Bumbu kacangnya cenderung encer, tapi anda masih bisa mendapati tekstur kacang yang ditumbuk/digiling kasar. Untuk lauk pecel ada beberapa pilihan seperti telur ceplok, telur asin, sate usus, sate telur puyuh, tempe goreng, ayam goreng, dll.

Nasi Pecel SGPC Bu Wiryo, UGM – Yogyakarta

Selain pecel, menu lain yang juga banyak digemari adalah Nasi Sop Daging. Sopnya berisikan potongan-potongan daging sapi yang empuk, wortel, dan kol. Nasi Sop Daging ini terasa menyegarkan ketika disantap di tengah cuaca Jogja yang terik. Ada beberapa jenis sop daging dengan nama-nama yang unik dan lucu, misalnya: Sop tanpa Kawat (sop tanpa soun), SDSB (Sop Daging Sayur Bayam), Sop Pegatan (sop dan nasi yang disajikan terpisah), Sop Ayam, dan Sop SBY (Sop Bayam). Nama menu minumannya pun tak kalah unik, contohnya: Teh Mrengut (teh kental), Tirto Seto (air putih), Teh Kemul (teh hangat), Teh Sengkuni (teh yang dicampur dengan jeruk atau kerennya lemon tea), dan Es Sari (minuman dari buah tomat yang di sajikan dingin).

Suguhan musik akustik di Warung SGPC Bu Wiryo

Warung SGPC Bu Wiryo juga menyuguhkan hiburan musik akustik untuk para pengunjungnya. Alunan musik keroncong dan lagu-lagu nostalgia membuat suasana semakin asyik. Tak heran jika pengunjung betah berlama-lama di warung ini, selain makan mereka juga bisa bersantai sejenak sembari menikmati musik. Andapun bisa meminta sang pemain musik untuk memainkan lagu-lagu kesukaan anda.

Jam buka: 07.00 – 20.30 WIB.

Lokasi: Jalan Agro CT VIII Klebengan, Sleman. Utara Selokan Mataram, seberang Fakultas Peternakan UGM.

 

Maret 2013

*Sumber gambar: panduanwisata.com

 

(Dilihat 3.829 kali, 9 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 20 Maret 2013 — 11:05 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved