KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Olahan Kepiting Lezat ala Dandito – Balikpapan

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr
Kepiting Super Lada Hitam Dandito (foto: kepitingdandito.com)

Kepiting Super Lada Hitam Dandito (foto: kepitingdandito.com)

Berburu kuliner di Balikpapan tentu tak boleh melewatkan aneka olahan kepitingnya yang istimewa. Salah satu tempat yang sangat terkenal untuk bersantap kepiting adalah Rumah Makan Dandito yang berlokasi di Jl M Iswahyudi, Gunung Bakaran, tak begitu jauh dari Bandara Sepinggan. Popularitas Kepiting Dandito tidak hanya sebatas Balikpapan saja, tapi sudah menjangkau daerah lain di Indonesia, bahkan luar negeri. Selain disantap di tempat, para pelancong dari luar daerah juga biasa membelinya sebagai oleh-oleh.

Kepiting di RM Dandito tersedia dalam berbagai pilihan masakan: kepiting saus Dandito, lada hitam, saus tiram, asam manis, goreng mentega, goreng bawang putih, rebus / kukus, dan sop kepiting. Kepiting saus Dandito menjadi salah satu andalan rumah makan ini. Saus kental berwarna kemerahan ini diciptakan sendiri oleh sang pemilik, Rudy Setiawan, hasil eksprimennya dengan berbagai bumbu. Di dalamnya terdapat jahe merah, tomat merah, bawang merah, gula merah, dan cabai merah. Semua berpadu menghasilkan citarasa asam manis dan sedikit pedas. Bagi penyuka pedas, Kepiting Lada Hitam ala Dandito juga bisa menjadi pilihan yang cocok. Bila ingin menu yang agak ringan untuk menghangatkan badan, Sop Kepiting-nya sangat menarik untuk dicoba.

Kepiting Soka Goreng Crispy (foto: kepitingdandito.com)

Kepiting Soka Goreng Crispy (foto: kepitingdandito.com)

Selain dari segi rasa, pembeli juga bisa memilih jenis kepiting yang diinginkan. Ada kepiting super yang berukuran besar, kepiting telur yang istimewa, dan kepiting soka yang berkulit lunak. Kepiting super yang bercangkang besar dan berdaging padat memberi sensasi lebih bagi yang benar-benar ingin menikmati daging kepiting. Untuk menyantapnya disediakan alat khusus untuk menghancurkan cangkang kepiting yang keras. Kepiting soka lebih praktis untuk dinikmati karena cangkangnya yang lunak bisa langsung dimakan. Kepiting soka paling nikmat jika digoreng krispi, terasa renyah dan gurih. Selain kepiting ada juga menu seafood lain yang bisa dipilih, seperti ikan baronang, kakap, bawal, kerapu, cumi, dan udang.

Kabarnya RM Dandito telah mengembangkan sayap usahanya dengan menyediakan layanan 24 jam dan layanan pesan-antar (delivery order) yang mencakup daerah luar Balikpapan, seperti Jakarta dan Surabaya. Dengan layanan premium tersebut, konsumen bisa membeli Kepiting Dandito tanpa harus keluar dari Bandara Sepinggan atau berkunjung langsung ke rumah makannya. Ini tentunya sangat memudahkan para pelancong yang ingin membeli Kepiting Dandito untuk oleh-oleh kerabat di rumah.

Buka:

Lokasi: Jl. M. Iswahyudi, Gunung Bakaran – Balikpapan. Tak begitu jauh dari Bandara Sepinggan.

 

Agustus 2013

 

(Dilihat 1.824 kali, 10 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 31 Agustus 2013 — 8:39 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved